Kebakaran Lahan Dekati Rumah Warga di Pontianak, Petugas Kesulitan Sumber Air untuk Padamkan Api

kebakaran lahan yang sudah mendekati rumah warga terjadi di komplek Permata Residen, dan sejumlah komplek lain yang tak jauh dari lokasi.

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Proses Pemadam kebakaran lahan yang mendekati pemukiman warga di Jalan Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Sabtu 13 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang sudah beberapa hari terjadi semakin mendekati pemukiman warga, Sabtu 13 Februari 2021.

kebakaran lahan yang sudah mendekati rumah warga terjadi di komplek Permata Residen, dan sejumlah komplek lain yang tak jauh dari lokasi.

Di komplek tersebut bahkan ada satu  unit rumah warga dimana telah di kepung lahan yang terbakar.

Petugas pemadam kebakaran dari wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya pun terjun kelokasi untuk memadamkan api di sekitar pemukiman.

Baca juga: Personel Polsek Samalantan Sosialisasi Mencegah Karhutla kepada Warga

Iptu Dori, Kanit 1 Sipamat Pengamanan dan Penyelematan Direktorat Samapta Polda Kalbar yang melakukan pemadaman dilokasi tersebut menyampaikan kebakaran di lokasi tersebut sudah terjadi beberapa hari terakhir sejak curah hujan di sebagian wilayah Kalbar menurun.

Dijelaskan olehnya, sejak 2 hari belakangan pihaknya sudah mencoba memadamkan api dilokasi tersebut, namun dikarenakan tingginya suhu akibat cerahnya matahari api kembali timbul di lokasi lahan gambut yang sudah terbakar.

"Ini sedang kita upayakan memadamkan, semoga hari ini bisa diatasi, namun tergantung cuaca, kalau cuaca panas, kemudian hembusan angin kencang, dapat hidup lagi,"ujarnya.

Kemudian, minimnya sumber air di lokasi dikatakan Dori membuat proses pemadaman api menjadi terkadala.

"Disini kita memanfaatkan galian - galian sumur warga yang ada untuk semaksimal mungkin, kemudian dibantu juga dengan rekam damkar lain yang membawa mobil tangki sehingga membantu kita dalam proses pemadaman,"katanya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved