Breaking News:

DOA Niat Makan Sahur Puasa Rajab serta Doa Sebelum & Sesudah Makan - Cek Jadwal Imsak Hari Ini

Banyak hadits yang menjelaskan keutamaan sahur saat akan berpuasa, termasuk waktu sahur terbaik dan doa yang dicontohkan Rasulullah SAW.

TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Ilustrasi doa niat sahur puasa rajab dan doa sebelum & sesudah makan serta jadwal imsak hari ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sahur menjadi satu amalan sunnah yang dicontohkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW ketika akan berpuasa.

Banyak hadits yang menjelaskan keutamaan sahur saat akan berpuasa, termasuk waktu sahur terbaik dan doa yang dicontohkan Rasulullah SAW. 

Berikut dalil hadits yang mengajurkan sahur saat akan berpuasa : 

Baca juga: Berapa Hari Sesungguhnya Puasa Bulan Rajab ? Berikut Penjelasan Ulama Lengkap Niat Puasa Rajab 2021

1.  HR Ahmad

Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur".

2. Sahur meski Seteguk Air

Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘’ Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air". (HR Ibnu Hibban)

3. Kurma 

Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur".’ (HR At-Thabarani).

4. Waktu Terbaik Sahur

Halaman
1234
Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved