Breaking News:

Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Maria Lestari: Indonesia adalah Rumah Besar

Anggota Komisi IV DPR RI dapil I Kalimantan Barat Maria Lestari menjelaskan, bahwa MPR merupakan lembaga permusyawaratan rakyat yang berkedudukan seba

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota MPR RI-DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Maria Lestari, S.Pd, menggelar Sosialisasi empat pilar kebangsaan di hotel Golden Tulip, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 10 Februari 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota MPR RI-DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Maria Lestari, S.Pd, menggelar Sosialisasi empat pilar kebangsaan di hotel Golden Tulip, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 10 Februari 2021.

Kegiatan ini, diikuti oleh peserta dari Kelompok Petani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Anggota Komisi IV DPR RI dapil I Kalimantan Barat Maria Lestari menjelaskan, bahwa MPR merupakan lembaga permusyawaratan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara.

Maria Lestari Berikan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Petani di Kabupaten Landak

Ha itu berdasarkan ketentuan pasal 5 UU No 17/2014, bahwa seluruh lembaga permusyawaratan rakyat memiliki peran memasyarakatkan ketetapan MPR, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"MPR sebagai rumah kebangsaan dan juga bertugas penjaga konstitusi. Salah satu tugasnya adalah terus menguatkan dan mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan," ujar Maria Lestari.

Menurut Maria, empat pilar kebangsaan yakni pertama Pancasila, maka ke lima sila Pancasila itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seluruh rakyat Indonesia. Kedua, UUD 1945 wajib dijadikan sebagai landasan dalam konstitusi.

Ketiga, NKRI yang sangat luas dan terdiri dari berbagai suku, agama, budaya dan pulau-pulau ini harus terjaga secara bersama-sama, sesuai dengan istilah NKRI harga mati. Keempat, semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang harus dijunjung tinggi sebagai pengikat keberagamaan.

"Jika tidak disatukan dengan Bhineka Tunggal Ika maka negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya ini bisa tercerai berai," tambahnya.

Selain itu, Maria Lestari meminta kepada masyarakat agar memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara utuh demi menjaga dan mempertahankan toleransi antar sesama.

"Indonesia adalah rumah besar yang membutuhkan pilar yang kokoh yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar 1945," tegasnya.

Dirinya menyampaikan, bahwa keempat pilar tersebut tidak boleh ada yang rapuh untuk menjaga kekuatan dan keutuhan bangsa ini.

"Dari Empat Pilar tersebut, tidak boleh ada satupun yang rapuh. Semua harus kokoh," jelasnya.

Kemudian, sebagai anggota komisi IV DPR RI pada kesempatan itu Maria Lestari juga menyerap aspirasi masyarakat, khususnya kelompok tani yang hadir sebagai peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan.

"Saya juga harus menyerap aspirasi dari para kelompok tani dan juga masyarakat, sebab kesejahteraan petani dan masyarakat menjadi poin penting berdirinya NKRI," pungkasnya. (*)

Update Berita Pilihan
Tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > DI SINI

Penulis: Jovi Lasta
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved