Breaking News:

CHINA Vs Amerika di Laut China Selatan Dekat Vietnam, Kapal Perusak Milik Amerika Tantang Tiongkok

Kepulauan Paracel, yang China sebut Kepulauan Xisha, diklaim Beijing sebagai wilayahnya. Vietnam juga mengklaim Kepulauan Paracel merupakan wilayahnya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Vs Amerika di Laut China Selatan Dekat Vietnam, Kapal Perusak Milik Amerika Tantang Tiongkok. Cek selengkapnya di artikel ini Sabtu 6 Februari 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Amerika Serikat dan China berhadap-hadapan di wilayah laut yang disengketakan, sekitar wilayah kepulauan Paracel di dekat Vietnam

Meski tak ada insiden berbahaya yang terjadi dalam 'pertemuan' dua kekuatan militer besar dunia itu, peristiwa tersebut membuat ketenganan di wilayah 'panas' Laut China Selatan yang disengketakan kian bergolak. 

Langkah berani militer Amerika Serikat yang mengirimkan kapal perusak berpeluru kendali di wilayah laut Kepulauan Paracel dekat Vietnam tersebut juga bak menjadi bentuk cara militer Amerika menantang klaim Tiongkok atas wilayah Laut China Selatan tersebut. 

Dalam perkembangan terbaru, dikutip dari laman Kontan.co.id, Militer China lantas memberi peringatan kepada kapal perang Amerika Serikat (AS) yang berlayar di perairan dekat dengan Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang disengketakan tersebut. 

AMERIKA Serikat Ancam Militer Myanmar Usai Kudeta Penggulingan Aung San Suu Kyi, Washington Tegas

"Pada 5 Februari, kapal perusak berpeluru kendali AS USS John S McCain masuk tanpa izin ke perairan yang berdekatan dengan Kepulauan Xisha China tanpa izin Pemerintah China," kata Kolonel Senior Tian Junli, juru bicara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, sebagaimana dikutip dari laman Kontan.co.id Sabtu 6 Februari 2021 .  

"Dan, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Komando Teater Selatan PLA China melakukan pelacakan dan pemantauan seluruh proses terhadap kapal perusak AS dan memperingatkannya,” ujarnya dalam pernyataan tertulis Jumat 5 Februari 2021 di situs Kementerian Pertahanan China.

Kepulauan Paracel, yang China sebut Kepulauan Xisha, diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

Vietnam juga mengklaim Kepulauan Paracel merupakan wilayah mereka.

CHINA Siap Perang Jika Taiwan Merdeka, Tiongkok Ultimatum Amerika Serikat | Sikap Presiden Joe Biden

Menurut Tian, langkah AS tersebut adalah pengulangan dari trik lamanya untuk memanipulasi situasi dengan cara yang beragam.

Langkah itu juga disebut telah secara serius melanggar kedaulatan dan keamanan China.

Halaman
12
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved