Breaking News:

CHINA Dituding Berniat Negatif ke Indonesia, Tiongkok Kepergok Operasikan Sensor Bawah Air ?

pihak Indonesia melalui Badan Keamanan Laut atau Bakamla memergoki sebuah kapal Survey China Xiang Yang Hong 03 di sekitaran wilayah dekat perairan Se

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Dituding Berniat Negatif ke Indonesia, Tiongkok Kepergok Operasikan Sensor Bawah Air di sekitar wilayah laut dekat perairan Selat Sunda / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - China adalah satu di antara tiga negara dunia yang dipercaya memiliki kekuatan militer terbesar dunia, selain Amerika Serikat dan Rusia.

China atau yang di Tanah Air disebut juga Tiongkok, dalam beberapa waktu belakangan secara lugas mengungkapkan ambisinya menguasai wilayah perairan di Laut China Selatan.

Sebuah wilayah lautan luas yang di sekitarnya terdapat negara-negara Asia Tenggara macam Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan juga Filipina.

Baru-baru ini, China dicurigai punya ‘niat negatif’ terhadap wilayah perairan Indonesia.

CHINA Siap Perang Jika Taiwan Merdeka, Tiongkok Ultimatum Amerika Serikat | Sikap Presiden Joe Biden

Hal tersebut mengacu pada peristiwa terbaru di tahun baru 2021 kali ini.

Di mana pihak Indonesia melalui Badan Keamanan Laut atau Bakamla memergoki sebuah kapal Survey China Xiang Yang Hong 03 di sekitaran wilayah dekat perairan Selat Sunda.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu 13 Januari 2021 lalu.

Saat itu, Bakamla mengetahui, kapal Survey China Xiang Yang Hong yang merupakan kapal asing tersebut sempat mengoperasikan peralatan sensor bawah air sebelum petugas berhasil mengintersepnya.

Tak pelak, peristiwa itupun membuat China dituding punya naitan negatif yang membuat Indonesia memiliki kecurigaan terhadap kapal survei China, Xiang Yang Hong 03 tersebut.

JERMAN Arahkan Kapal Perang Jenis Fregat ke Jepang Gara-gara China ? Indo-Pasifik Kebijakan Baru

Kecurigaan Bakamla berawal dari turunnya kecepatan ideal kapal dari 10 sampai 11 knot menjadi 6 hingga 8 knot.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved