Breaking News:

Vaksinasi Covid-19 di Sintang, Danrem Ronny Disuntik Vaksin Covid Langsung Oleh Bupati Jarot

Sebelum divaksin, para penerima wajib dilakukan pemeriksaan dan pengecekan kondisi kesehatan. Mulai dari pengecekan tekanan darah, hingga mengisi daft

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Sintang, Jarot Winarno bertindak langsung sebagai vaksinator penyuntikan perdana Vaksin Corona di Kabupaten Sintang, yang digelar di pendopo bupati, Selasa 2 Februari 2021. Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny menjadi orang pertama yang disuntik dosis vaksin Sinovac oleh Jarot Winarno. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno bertindak langsung sebagai vaksinator penyuntikan perdana Vaksin Corona di Kabupaten Sintang, yang digelar di pendopo bupati, Selasa 2 Februari 2021.

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny menjadi orang pertama yang disuntik dosis vaksin Sinovac oleh Jarot Winarno.

Berlatarbelakang seorang dokter, Jarot tampak luwes mengarahkan jarum suntik ke lengan para pejabat untuk divaksinasi.

Sebelum divaksin, para penerima wajib dilakukan pemeriksaan dan pengecekan kondisi kesehatan. Mulai dari pengecekan tekanan darah, hingga mengisi daftar pertanyaan seputar riwayat penyakit.

Pasca Disuntik Vaksin Tak Boleh Langsung Pulang, Berikut Penjelasan Kadiskes Sintang

Didampingi istrinya, Rissa Ronny Danrem tampak bersemangat saat disuntik vaksin Sinovac oleh Jarot Winarno.

“Hari ini kita canangkan vaksinasi corona. Ini sangat penting dalam rangka mencapai imunitas kelompok atau herd imunity. Tetapi kita pahami vaksin sangat mahal, triluan habis untuk beli vaksin. Tahap pertama kabupaten sintang dapat 4 ribu lebih vial vaksi untuk 2 kali penyuntikan. Perioritas pertama tenaga kesehatan. Karena nakes paling beresiko setiap hari berhadapan dengan pasien yang mungkin ada yang positif,” kata Jarot.

Ada 20 orang perwakilan pejabat, OPD, tokoh masyarakat hingga perwakilan millennial yang divaksinasi tahap pertama di Kabupaten Sintang.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Sintang akan melakukan pencanangan pelaksaan vaksinasi Covid-19 di pendopo bupati Sintang.

Kepala Dinas Kesehaan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menyampaikan bahwa seluruh penerima vaksin covid-19 wajib diperiksa kesehatannya.

Bupati Jarot Ajak IKBKH Bersinergi Bangun Sintang

Menurut Sinto, calon penerima vaksin disarankan agar menjaga pola makan sebelum disuntik vaksin maupun setelah divaksin.

“Saya mau berpesan agar pola makan dijaga sebelum menerima vaksin. Jangan marah-marah supaya saat cek kesehatannya, tensinya bagus dan lainnya sehingga layak diberikan vaksin," ujar Sinto.

Menurut Sinto, efek samping dari Vaksin Covid-19 umumnya hanya kantuk.

“Usai menerima vaksin, wajib berada di lokasi dulu selama minimal 30 menit. Tim dokter akan mengawasi setiap orang yang menerima vaksin. Nanti tim dokter yang siap menerima konsultasi jika ada reaksi setelah menerima vaksin. Biasanya hanya ngantuk setelah menerima vaksin," ujar Sinto. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved