Breaking News:

CHINA Vs Amerika, Tiongkok Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan | Tantang Kapal Induk AS

Kebijakan tersebut diambil hanya beberapa hari setelah Beijing marah pada masuknya kelompok kapal induk AS ke perairan yang disengketakan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Vs Amerika, Tiongkok Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan pekan ini jelang akhir Januari 2021 | Tantang Kapal Induk AS USS Theodore Roosevelt / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - China Vs Amerika Serikat kian dalam saja ‘terperosok’ dalam ketegangan militer.

Pada hari Selasa 26 Januari 2021, Otoritas China mengatakan akan melakukan latihan militer besar-besaran di Laut China Selatan minggu ini.

Kebijakan tersebut diambil hanya beberapa hari setelah Beijing marah pada masuknya kelompok kapal induk AS ke perairan yang disengketakan.

Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim negara itu melarang masuk ke sebagian perairan di Teluk Tonkin di sebelah barat semenanjung Leizhou di barat daya China dari 27 Januari hingga 30 Januari.

China Vs Amerika, Presiden Joe Biden Disebut Bakal Galang Kekuatan Besar Demi Tekan Tiongkok  

CHINA Usir WHO Larang Lakukan Penelitian Terkait Virus Corona, Banyak Negara Ikut Marahi China 

Tetapi tidak memberikan rincian kapan latihan tersebut dilakukan akan terjadi atau pada skala apa.

Dirangkum dari laman Kontan.co.id yang mengutip Reuters, Grup kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt memasuki Laut China Selatan pada Sabtu.

Di mana langakh tersebut diklaim sebagai langkah untuk mempromosikan "kebebasan laut", kata militer AS, beberapa hari setelah Joe Biden memulai masa jabatannya sebagai presiden.

Perairan yang diperebutkan telah menjadi titik nyala lain dalam hubungan bilateral yang semakin sulit antara Beijing dan Washington.

RESMI Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Asal China Hari Ini Tanpa Rasa Sakit

Hubungan Amerika Serikat dan China Kembali Memanas, Beijing Siapkan Serangan Balasan

Militer AS terus meningkatkan aktivitasnya di sana dalam beberapa tahun terakhir karena China menegaskan klaim teritorialnya di wilayah yang berkonflik dengan negara-negara tetangga.

Khususnya dari negara Asia Tenggara di kawasan ASEAN macam Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Taiwan.

China pada Senin mengeluh bahwa Amerika Serikat sering mengirimkan pesawat dan kapal ke Laut China Selatan, yang dilalui triliunan dolar dalam arus perdagangan setiap tahun, untuk "melenturkan ototnya" dan mengatakan tindakan seperti itu tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Materi di artikel ini juga telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Tantang kapal induk AS, China umumkan latihan militer di Laut China Selatan pekan ini

Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved