Breaking News:

BATAS Shalat Subuh Jam Berapa Sebenarnya? Simak Juga Penjelasan Ustaz Abdul Somad UAS

pancaran cahaya yang menjulang seperti ekor serigala dan setelah itu masih terlihat gelap, ini yang disebut fajar kadzib (fajar pertama).

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
BATAS Shalat Subuh Jam Berapa Sebenarnya? Simak Juga Penjelasan Ustaz Abddul Somad UAS. Simak di artikel ini pada Senin 25 Januari 2021/ ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sholat Subuh adalah satu di antara lima sholat wajib yang mesti dilaksanakan oleh seorang Muslim.

Dilangsungkan pada subuh saban harinya, lantas sebenarnya batas shalat Subuh jam berapa? 

Dirangkum dari laman Rumaysho, masuknya waktu sholat subuh termasuk waktu subuh hari ini Senin 25 Januari 2021 dimulai ketika terbit fajar shodiq.

Sementara terkait batas shalat Subuh jam berapa perlu diketahui bahwa waktu sholat Subuh akan berakhir ketika sudah masuk fase matahari terbit.

Namun tentu saja sebagaimana sholat wajib lainya, ibadah sholat Subuh lebih dianjurkan dan lebih utama dilakukan di awal waktu.

Baca juga: Bacaan NIAT Sholat Subuh dan Qunut serta Bacaan Niat Sholat 2 Rakaat Sebelum Subuh Arab Terjemah

Adapun penjelasan mengenai kapan masuk waktu sholat subuh dan batas shalat Subuh jam berapa tersebut, dirangkum dari sumber yang sama dapat dilihat dalam sebuah keterangan dalam matan Abi Syuja’ yang berbunyi:

“Awal waktu shalat Shubuh adalah saat terbit fajar kedua (fajar shodiq). Akhir waktunya -yang disebut waktu ikhtiyar (pilihan)- adalah sampai isfaar. Akhir waktu jawaz (bolehnya) adalah sampai matahari terbit.”

Ada pula keterangan dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abdullah bin ‘Amr yang berkata: 

وَوَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ الْفَجْرِ

Atinya: “Waktu shalat Shubuh adalah mulai terbit fajar (shodiq).” (HR. Muslim no. 612).

Halaman
1234
Penulis: Ishak
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved