Breaking News:

UPDATE Informasi Penerimaan ASN PPPK Kalbar 2021, Simak Paparan Kepala BKD Provinsi Kalbar 

Ia menjelaskan bahwa untuk pendaftar PPPK terbuka  tidak hanya diperuntukan bagi guru honor yang sedang aktif mengajar di sekolah saja. 

UPDATE Informasi Penerimaan ASN PPPK Kalbar 2021, Simak Paparan Kepala BKD Provinsi Kalbar 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menyiapkan kuota untuk pendaftar pembukaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.038 untuk kuota guru, dan 118 orang untuk kuota diluar guru tahun 2021. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalbar, Sofyan Ani menjelaskan kuota guru yang telah disiapkan sebanyak 1.038 terdiri dari guru umum sebanyak 1000 orang, dan 38 orang untuk guru agama. 

Sedangkan PPPK kuota diluar guru telah disiapkan sebanyak 118 orang  yakni untuk kesehatan  66 orang dan teknis 52 orang. 

Ia menjelaskan bahwa untuk pendaftar PPPK terbuka  tidak hanya diperuntukan bagi guru honor yang sedang aktif mengajar di sekolah saja. 

Baca juga: Info Terkini Penerimaan ASN PPPK Kalbar 2021, Gubernur Kalbar Sebut Terdapat Ribuan Formasi Guru

Seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2).

“PPPK terbuka tidak hanya untuk guru yang mengajar saja, karena aturannya yang boleh mendaftar pada usia 20-59 tahun,” ujarnya, Selasa 19 Januari 2021.

Berbeda dari pada  seleksi CPNS peserta yang harus menjalani tiga tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Sementara itu, seleksi guru PPPK 2021 hanya menjalani 2 tahapan yaitu seleksi administrasi dan SKB.

“Artinya yang berpengalaman mengajar pasti banyak kemudahan dalam mengikuti tahapan test,” ucapnya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi pembukaan PPPK akan dibuka sekitar bulan 3 atau 4 pada tahun 2021. Sedangkan untuk seleksi CAT dan SKB belum mendapat informasi pasti dari pusat. 

“Adapun yang perlu dipersiapkan kita mengacu pada persyaratan yang lalu untuk pendaftaran. Namun tentunya mereka harus siap bersaing. 

Dikatakannya kalau sudah punya sertifikat mengajar guru biasanya 100 nilainya dijamin bagus. Maka dari itu sertifikat mengajar itu penting. 

“Tapi kita masih beharap ada pembukaan CPNS tidak hanya PPPK saja karena memang masih diperlulan CPNS supaya ada persaingan dengan guru PPPK,”pungkasnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved