Breaking News:

BPBD dan Tagana Kapuas Hulu Imbau Masyarakat Waspada Bencana Alam

Pihaknya sudah mengirimkan telegram ke setiap kecamatan dan sudah dibuat papan tentang rawan bencana dan tanah longsor.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Bobo.grid
Ilustrasi Bencana Alam 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Menyikapi data dari BMKG Provinsi Kalbar, prediksi Kabupaten Kapuas Hulu masuk dalam data wilayah potensi gerakan tanah pada Januari 2021, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kapuas Hulu, M Yunus menyatakan, sudah memberikan himbaun kepada masyarakat terkait waspada bencana alam.

"Yang jelas untuk langkah langkah-langkah ke depannya, kami sudah memberikan himbauan kepada masyarakat tentang bencana alam, terutama daerah yang dianggap rawan atau mudah terjadi bencana tersebut," ujarnya kepada Tribun, Kamis 14 Januari 2021.

Selain itu juga jelas Yunus, kalau pihaknya sudah mengirimkan telegram ke setiap kecamatan dan sudah dibuat papan tentang rawan bencana dan tanah longsor.

Ini adalah upaya langkah pemerintah dalam penanganan bencana alam di wilayah tersebut.

Baca juga: Pencanganan Vaksinasi COVID-19 Tingkat Provinsi Kalbar Live Streaming di Youtube Diskominfo Kalbar

"Untuk daerah daerah yang rawan longsor sudah kami petakan, dan sudah di berikan baliho daerah rawan longsor, dan banjir seperti di daerah Tanjung Jati, Bika Putussibau Selatan, Putussibau Utara, dan yang longsor seperti Boyan Tanjung, Hulu Gurung, dan daerah lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Hatta menyatakan, adanya prakiraan gerakan tanah yang potensinya menengah hingga tinggi, yang diakibatkan curah hujan di atas normal, terutama daerah yamg berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan dan lereng yang mengalami gangguan.

"Kami menghimbau juga kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, untuk selalu waspada terhadap bencana, apalagi sekarang masih musim penghujan, sangat rawan akan terjadi bencana seperti tanah longsor, banjir, dan angin kencang," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved