Breaking News:

Jadwal Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih Hasil Pilkada di Kalbar, Sekadau Kemungkinan Ditunda

Sementara untuk Sambas, dipaparkan Sri Jumiadatin jika pemenang atau Bupati-Wakil Bupati terpilih dilantik 13 Juni sesuai masa berakhir Bupati-Wakil B

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUN PONTIANAK/ MARPINA SINDIKA WULANDARI
Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin membeberkan waktu pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih dari tujuh Kabupaten di Kalbar.

Dari tujuh Kabupaten itu, hanya Sekadau yang pelantikannya bakal ditunda, hal ini lantaran untuk Sekadau sedang ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Untuk itu, Sekadau diwaktu yang bersamaan akan dilantik Penjabat yang berasal dari Mendagri.

"Kalau pelantikan nunggu masa jabatan berakhir, dimana untuk Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Bengkayang, Sekadau dan Ketapang berakhir tanggal 17 februari 2021, jadi tanggal tersebut dilantik bupati wakil terpilih. Sekadau karena masih proses gugatan di MK nampaknya tidak bisa dilantik bersamaan," katanya, Rabu 13 Januari 2021 kepada Tribun.

Baca juga: Setelah Aksi Golput Pada Pilkada, Pemerintah Dirikan Tiang Listrik di Dusun Geruguk

Sementara untuk Sambas, dipaparkan Sri Jumiadatin jika pemenang atau Bupati-Wakil Bupati terpilih dilantik 13 Juni sesuai masa berakhir Bupati-Wakil Bupati Atbah-Hairiah.

"Untuk Sekadau sejak tanggal 17 februari ditetapkan penjabat bupati yang juga harus dilantik. Ditetapkan Mendagri dari pejabat provinsi. Cuma apakah pelantikan bersamaan dengan 5 bupati dan wakil atau setelah itu kami belum dapat keputusan dari Mendagri," terangnya.

Lebih lanjut, Sri Jumiadatin menerangkan jika pihaknya sudah melakukan rapat persiapan pelantikan dengan sekwan dan bagian pemerintahan dari enam kabupaten yang waktunya bersamaan yakni 17 Februari.

Sementara untuk Sambas belum rapat karena memang pelaksanaan pelantikannya pada bulan Juni 2021.

"Waktu tidak bisa maju juga mundur. Nantinya akan dilantik Gubernur," bebernya.

Lebih lanjut mengenai tempat pelantikan dan yang diundang, kata dia, masih menunggu arahan Gubernur karena dalam masa pandemi menghadirkan orang dalam kegiatan itu terbatas.

Padahal, lanjutnya, ada lima Bupati-Wakil Bupati hasil pilkada dan satu penjabat bupati. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved