Breaking News:

Hj Lismaryani Pimpin Raker Dekranasda Provinsi Kalbar Tahun 2021

"Marilah bersama-sama kita doakan agar pandemi ini segera berakhir, sehingga kehidupan dapat normal kembali," harapnya.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Hj. Lismaryani Sutarmidji Pimpim Raker Dekranasda Provinsi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menginjak pekan kedua Januari 2021, Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat menggelar rapat kerja (raker) yang dipimpin langsung ketuanya, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji. Raker berlangsung di Sekretariat Dekranasda Provinsi Kalbar Jalan Ahmad Yani Pontianak, Selasa 12 Januari 2021

Dalam raker tersebut dibahas rencana jadwal kegiatan dan program kerja yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Ny. Hj. Lismaryani mengingatkan pandemi Covid19 belum berakhir dan sepanjang tahun 2020 lalu telah mengancam keselamatan banyak orang. Hal tersebut bahkan berimbas pada terbatasnya program kerja Dekranasda untuk kesejahteraan para perajin di Kalbar.

"Marilah bersama-sama kita doakan agar pandemi ini segera berakhir, sehingga kehidupan dapat normal kembali," harapnya.

Dalam rapat tersebut Ny. Hj. Lismaryani berharap sinergi program dan kegiatan dapat tercipta, terutama yang mengangkat UKM kerajina di Kalbar. Sinergi program antar instansi, baik dari pemerintah, BUMN, Bank yang tergabung dalam kepengurusan Dekranasda Provinsi dapat berjalan baik sepanjang 2021 sesuai jadwal yang telah direncanakan oleh pengurus.

Baca juga: Tutup Pelatihan Merancang Busana, Ketua Dekranasda Kalbar Minta Peserta Semakin Kreatif

"Jika ada program seperti CSR dari BUMN atau Bank, dapat dikoordinasikan bersama. Seperti program pelatihan, pendampingan, pendataan, perlombaan, serta hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan perajin, sehingga rancangan yang disusun Dekranasda Provinsi Kalbar dapat menjadi acuan untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2021," papar Ny. Hj. Lismaryani.

Kegiatan-kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2021 di antaranya adalah latihan desain motif dan pola tenun Sidan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kegiatan InaCraft 2021 di Jakarta pada Maret 2021, dan Pameran serta Fashion Show KriyaNusa 2021 di Jakarta bulan September 2021.

"Seperti kita ketahui bersama tenun Sidan adalah produk yang memiliki daya tari tersendiri dan menjadi perhatian dari Dekranas Pusat agar dapat dikembangkan dan terlindungi," imbuh First Lady Kalimantan Barat.

Kegiatan lain adalah Pameran berskala Internasional ada ade Expo Indonesia(TEI) Tahun 2021 (Oktober 2021), workshop Capasity Building Development perajin melalui webinar dalam upaya peningkatan keahlian dan Updating perajin per 2 bulan, serta Workshop Standradisasi Produk perajin dalam upaya peningkatan kualitas produk yang terstandar DDS (Design Dispatch Service),terhadap produk tenun dan anyaman yang layak ekspor, dan lain-lain kegiatan yang dapat disinergikan.

Ny. Hj. Lismaryani meminta program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2021 tidak berjalan sendiri-sendiri. Demi pengembangan dan kemajuan kerajinan Kalbar, dia meminta saran dan masukan dari para anggota yang hadir di raker tersebut agar dapat membentuk tim kerja yang solid dan optimis.

"Program-program kegiatan tersebut dapat diagendakan bersama-sama, jenis kegiatan, waktu pelaksanaan maupun pendanaannya, sehingga pembinaan para perajin di Kalbar terpusat di Dekranasda Provinsi Kalbar dengan maksimal, terstruktur dan terukur," pungkasnya. (*)

Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved