Breaking News:

Win Digital Khatulistiwa, Solusi Laundry Digital Lokal Berbasis Aplikasi dan Dilengkapi E-Commerce

Kami menggandeng segala sisi dan semua elemen. Termasuk mekanisme pembayarannya,  dari sistem aplikasi digital LinkAja serta aplikasi lainnya

TRIBUN PONTIANAK/SEPTI DWISABRINA
CEO Win Digital Khatulistiwa, Hendra Firmansyah dalam Webinar Digitalisasi Solusi Kemajuan Pariwisata dan UMKM Kalbar Kala Pandemi secara virtual, Senin 11 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu tidak menjadi penghalang untuk mengembangkan berbagai potensi berbasis digital yang bermanfaat serta memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Nah, satu di antaranya adalah jasa cuci pakaian berbasis aplikasi. Kini telah hadir di Kalimantan Barat startup yang juga dilengkapi e-commerce, yaitu aplikasi Win Laundry dari Win Digital Khatulistiwa.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Briptu Roi Hermanto Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

CEO Win Digital Khatulistiwa, Hendra Firmansyah mengungkapkan bisnis startup ini dilatar belakangi maraknya bisnis laundry yang bertebaran di Kalimantan Barat, namun kebanyakan hanya mengandalkan traffic dari orang lewat saja.

"Sehingga yang terjadi adalah banyak laundry di Kalimantan Barat bertebaran dan banyak juga yang gulung tikar, dikarenakan kesulitan mendapatkan order dalam kapasitas besar," terangnya, Senin 11 Januari 2021.

Baca juga: Billy Syahputra Naik Pitam Ajak El Rumi Putra Maia Estianty Kelahi, Semuanya Berawal Dari Ini

Tak hanya itu saja, banyak orang kehilangan pekerjaan, kehilangan penghasilan. Sehingga, hadirlah terobosan baru dengan menggunakan aplikasi digital khususnya untuk usaha Laundry,

Lebih lanjut, Hendra mengatakan Win Digital Khatulistiwa dalam hal ini merangkul stakeholder terkait.

Seperti emak-emak (ibu rumah tangga) serta komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penghasilan tambahan menjadi agen dari bisnis digital itu ataupun mempromosikan produk.

Baca juga: Cara Instal Dapodik 2021.c ! Download Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021 c Disini

"Menariknya dari aplikasi Win Khatulistiwa ini, kami menggandeng segala sisi dan semua elemen. Termasuk mekanisme pembayarannya,  dari sistem aplikasi digital LinkAja serta aplikasi lainnya, tentunya belum pernah dilakukan oleh yang lain," terangnya.

Selanjutnya, Hendra mengatakan Kamis 14 Januari 2021, akan dilakukan launching aplikasi Win laundry dan secara diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji dan secara virtual serentak nanti di 16 Kota yaitu di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyajakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar.

Baca juga: Kajati Ingatkan Jaksa Pastikan Pembangunan di Kapuas Hulu

Saat ini, aplikasi laundry Win Digital Khatulistiwa telah banyak mendapat respon positif di Kalimantan Barat. Bahkan, memiliki agen baru sekitar 600 di wilayah Kalbar.

Selain itu, Hendra menjelaskan peran agen pada aplikasi ini yaitu sebagai tempat menampung order, merangkap menjadi kurir dan juga bisa membuka usaha tanpa mengeluarkan modal karena telah disiapkan sistem.

Baca juga: Siapa Harun Yahya yang Dihukum Penjara 1075 Tahun di Turki karena Kejahatan Seksual ke Anak-anak?

"Ini adalah salah kontribusi kami kepada pelaku UMKM yang kesulitan dalam mempromosikan produk-produk mereka. Semua ini, dikemas dalam sistem digital marketing kami sebagai terobosan yang berbeda dari yang lain," imbuhnya.

Adapun tagline yang galakkan Win Laundry "Dari Pontianak untuk Indonesia". Tentu ini sangat membanggakan, sebagai bukti putra asli daerah yang sukses mengembangkan startup dalam mendorong pengembangan digitalisasi di masyarakat Kalimantan Barat. 

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved