Breaking News:

Singkawang Dapat Dana PEN dari Pusat Rp 200 Miliar, Berikut Paparan Wali Kota Tjhai Chui Mie

Program ini diharapkan dapat mendongkrak sektor yang sangat mempengaruhi perekonomian daerah

TRIBUNPONTIANAK/RIZKI KURNIA
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kota Singkawang berkesempatan mendapatkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat melalui PT MSI sebesar Rp 200 miliar. Hal itu disampaikan langsung Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Bahkan, dari penuturannya, Kota Singkawang merupakan satu-satunya daerah di Pulau Kalimantan yang berkesempatan mendapat dana PEN tersebut.

Wali Kota katakan, pihaknya sudah mengajukan kerjasama terkait Dana PEN tersebut kepada pemerintah pusat pada Rabu 30 Desember 2020 di Jakarta.

"Program ini diharapkan dapat mendongkrak sektor yang sangat mempengaruhi perekonomian daerah," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Senin 4 Januari 2021.

Baca juga: Bupati Jarot Ajak Desa Pulihkan Ekonomi Sintang Melalui Bumdes

Dia jelaskan, dana sebesar Rp 200 miliar ini akan dialokasikan untuk PUPR sebesar Rp150 miliar dan Rp 50 miliar untuk Dinas Pendidikan (Disdik).

Dalam mempercepat rencana realisasi anggaran PEN tersebut, kata Tjhai Chui Mie, Pemkot Singkawang sudah mempersiapkan mulai rencana kerja anggaran program, Detail Engineering Design (DED), dan perangkat teknis lainnya.

"Dua pekan ini akan kami lakukan prosesnya. Karena rencananya pada Februari atau Maret 2021 sudah bisa dilakukan realisasi anggaran," ungkapnya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Wali Kota Singkawang sudah berkoordinasi dengan DPRD Singkawang sebagai mitra Pemkot dalam menetapkan APBD. "Karena realisasinya memang ditahun anggaran APBD tahun 2021," ungkapnya.

Tentu dengan bantuan PEN ini, kata dia, diharapkan pemulihan ekonomi di Singkawang bisa mencapai hasil optimal dengan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Singkawang, Sumastro mengungkapkan dana PEN sebanyak Rp 200 miliar ini akan dikembalikan kepada pemerintah pusat dengan bunga 0% atau nol persen.

Baca juga: Pengembalian Dana PEN Nol Persen, Sekda Singkawang Paparkan Mekanismenya

Halaman
1234
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved