Breaking News:

Perwakilan Masyarakat dari 10 Kabupaten di Kalbar Terima Sertifikat Tanah dari Jokowi secara virtual

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan pada kali ini tahap satu di 2021 masyarakat Kalbar mendatapkan 52 ribu sertifikat tanah.

TRIBUNPONTIANAK/Anggi
Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji menghadiri penyerahan sertifikar tanah yang juga didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar, Ery Suwondo yang juga dihadiri perwakilan masyarakat penerima sertifikat secara virtual di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa 5 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyerahkan sertifikat kepada masyarakat dalam jumlah yang besar yang berlangsung secara virtual, Selasa 5 Januari 2021. 

Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji menghadiri penyerahan sertifikar tanah yang juga didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar, Ery Suwondo  yang juga dihadiri perwakilan masyarakat penerima sertifikat secara virtual di Pendopo Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan pada kali ini tahap satu di 2021 masyarakat Kalbar mendatapkan 52 ribu sertifikat tanah. Ia berharap semoga tahap kedua kedepan lebih banyak lagi kalau perlu sampai 100 ribu kalau perlu sebelum 2025 semua lahan sudah disertifikatkan. 

Baca juga: BPN Sanggau Serahkan 6.661 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Sanggau

“Target BPN untuk Kota  Pontianak peta tanahnya semuanya sudah lengkap, tanah sudah bersertifikat seluruhnya, saya rasa itu bisadan 2 tahun pun bisa kalau untuk Kota Pontianak,” ujarnya.

Ia mengatakan Kalbar mungkin pada 2023-2024 bisa selesai. Sednagkan kalau untuk tumpang tindih, kalau sudah buku tanahnya lengkap dengan koordinatnya ia  rasa tak akan tumpang tindih lagi.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar, Ery Suwondo  mengatakan bahwa untuk di Kalbar seluruh target selalu terpenuhi bahkan di tahun 2020 sudah 90 ribu sertifikat tanah telah dibagikan.

Dari target awal 180 ribu karena ada pandemi COVID-19 ada pengurangan. Sehingga menjadi 90 ribu sertifikat yang diserahkan pada 2020. 

“Dari 90 ribu sudah kita serahkan pada November 2020 sekitar 35 ribu dan sisanya dibagikan hari ini secara keseluruhan,” ujarnya.

Baca juga: BPN Sanggau Serahkan 6.661 Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Sanggau

Target di Kalbar sendiri dikatakannya selalu meningkat bahkan di 2021 punya target 173 ribu. Hal ini tentu harus bekerjasama dengan Pemda untuk melakukan sertifikasi supaya bisa mencapai target.

Dikatakannya sesuai yang telah disampaikan oleh Presiden RI bahwa 2025 seluruh tanah harus sudah terdaftar tentu menjadi tantangan yang luar biasa. 

Baca juga: BPN Sintang Target Ukur 40 Ribu Bidang Tanah pada 2021 Mendatang

“Masih banyak yang harus dicapai dengan yang telah kita lakukan selama ini kita optimis bisa kita penuhi sertifikasi tanah khususnya di Kalbar,” ujarnya.

“Jadi hari ini terdapat 2 kabupaten yang hadir untuk mengikuti secara simbolis pembagian sertifkat, yakni Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kuburaya,” tambahnya usai menghadiri penyerahan sertifikar tanah secara virtual di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa 5 Januari 2021.  (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved