Breaking News:

Paldam XII/Tanjungpura Bangun Rumah Hidroponik Jaga Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19

Menghadapi situasi pandemi Covid-19 satuan Paldam XII Tanjungpura menyiasatinya dengan upaya mempelajari cara bercocok tanam sistem hidroponik.

TRIBUNPONTIANAK/Abrori
Kepala Paldam XII Tanjungpura, Kolonel cpl Akhmad Baihaki saat berada di rumah hidroponik yang dibangun oleh satuan Peralatan Kodam (Paldam) XII/Tanjungpura // Muzammilul Abrori 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Peralatan Kodam (Paldam) XII/Tanjungpura kini memiliki rumah hidroponik sendiri, tepatnya berada di Mapaldam XII/ Tanjungpura, pada Minggu 3 Januari 2021.

Adapun Kepala Paldam XII Tanjungpura, Kolonel cpl Akhmad Baihaki mengatakan bahwa, upaya ini dilakukan guna membantu menjaga ketahanan pangan ditengah situasi Pandemi Covid-19.

Untuk itu, dengan situasi pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan berakhirnya ini, satuan Paldam XII Tanjungpura menyiasatinya dengan upaya mempelajari cara bercocok tanam sistem hidroponik.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini situasi pandemi Covid-19 masih belum berakhir, jadi kita masih berperang nih melawan Covid-19. Nah tujuannya kami membangun rumah hidroponik ini sebagai kantong logistik kita, sebab kita tidak tahu sampai kapan pandemi berakhir," ungkap Kolonel cpl Akhmad Baihaki.

Baca juga: Senin Hari Ini 4 Januari 2021 Registrasi Akun LTMPT Jam 15:00 WIB, Ini Alur Pendaftaran SNMPTN 2021

"Sehingga dengan membangun rumah hidroponik ini, pertama anggota kita bisa belajar dahulu disini. Dengan dimaksudkan untuk bagi yang hobinya bercocok tanam, tetapi tidak mempunyai lahan yang luas, paling cocok dengan pengaplikasian hidroponik ini," lanjutnya.

Dengan proses pembangunan rumah hidroponik kurang lebih dari satu bulan ini, kata Kolonel cpl Akhmad berharap menjadi wadah bagi anggotanya untuk mempelajari bercocok tanam sistem hidroponik.

Sebab, dirinya menginginkan nantinya setiap anggota menularkan ilmu dan keterampilannya kepada masyarakat luas.

Apalagi, kata Kolonel cpl Akhmad dengan hasil dari penanaman sistem hidroponik ini mengandung gizi yang lebih bagus. Sebab terhindar pestisida. Sehingga bagus untuk gizi masyarakat juga.

"Harapan kami ini nantinya bisa digepok tularkan atau ilmunya nanti bisa ditransfer kepada masyarakat luas. Sebab anggota kami kan tinggal di asrama, nah harapannya nanti kalau sudah bisa disatuan ini, lalu ilmunya atau keterampilannya dipraktekkan kepada masyarakat sekitarnya," harapnya.

"Sesuai ini dengan situasi sekarang, inikan tidak perlu keluar-keluar jauh dari rumah, cukup disekitar pekarang rumah, sehingga bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik," sampainya. (*)

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved