Breaking News:

Agar Tepat Sasaran, Jarot Winarno Inginkan Penyaluran Gas Elpi Melalui BUMDes

Menurut Jarot Winarno, gas elpiji 3 kg diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu. Namun, kadang hak subsidi itu tidak tepat sasaran.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Sintang Jarot Winarno 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Agar penyaluran gas elpiji tetap sasaran, Bupati Sintang Jarot Winarno menginginkan penyalurannya ke depan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) saha Milik Desa (BUMDes).

Dan juga, lanjut Jarot Winarno ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dan kelangkaan gas melon itu.

Jarot Winarno mengatakan, untuk supplay sembako sejauh ini aman, namun gas elpiji harganya fluktuatif ditingkat eceran.

"Gas elpiji 3 kg subsidi, harganya gila-gilaan. Ada yang sampai Rp 50 ribuan," ungkap Jarot, Rabu 30 Desember 2020.

Baca juga: Stok Elpiji Untuk Kabupaten Mempawah Mencukupi Hingga Akhir Tahun 2020

Oleh sebab itu, Jarot Winarno meminta agar pertamina, Disperindag, Pemdes, duduk bersama mencari solusi terbaik untuk penyaluran epiji agar tepat sasaran.

"Salah satu modelnya, yang sudah dikembangkan di beberapa kabupaten lain, penyaluran dengan fasilitas bumdes yang sudah ada, kita salurkan sesuai kuotanya per desa. Itu terbaik, kedepan harus seperti itu. Tapi saat ini tetap harus duduk bersama dulu, sama-sama kita kontrol distribusi elpiji 3 kilo ini. Kalau untuk sembako masih aman lah," kata Jarot Winarno.

Menurut Jarot Winarno, gas elpiji 3 kg diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu. Namun, kadang hak subsidi itu tidak tepat sasaran.

"Elpiji 3 kg itu kan gas yang untuk masyarakat yang disubsidi. Kadang hak masyarakat diambil alih oleh yang tidak berhak. Sehingga terjadi kelangkaan dan kenaikan. Dua hal yang mesti dikontrol, bahwa memang itu elpiji 3 kilo untuk yang berhak dan kedua masalah harga tadi," jelas Jarot Winarno.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPDes) Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni menyatakan pada prinsipnya BumDes siap jika nantinya dilibatkan dalam penyaluran gas elopji 3 kilogram.

"Pada Prinsipnya kita siap," kata Roni menanggapi keinginan Bupati Sintang, Jarot Winarno yang menyarankan kedepan penyaluran gas elpiji melalui BUMDes.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved