Breaking News:

Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah

Peresmian ini menjadi wujud komitmen PT BAI untuk merealisasikan Proyek Strategis Nasional sehingga dapat memberikan nilai tambah melalui hilirisasi b

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Hamdan Darsani
Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah - kjadagfags.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Peresmian Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia
Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah - gpiotaga.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia
Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah - dagasag.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Peresmian Pembangunan Smelter PT Borneo Alumina Indonesia

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI) resmi mengadakan First Piling Ceremony pada 28 Desember 2020 di Desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit, Kalimantan Barat.

Peresmian ini menjadi wujud komitmen PT BAI untuk merealisasikan Proyek Strategis Nasional sehingga dapat memberikan nilai tambah melalui hilirisasi bauksit menjadi alumina serta mengurangi impor alumina.

Direktur Utama PT Borneo Alumina Indonesia Dante Sinaga mengatakan bahwa PT BAI terus berupaya maksimal untuk mengembangkan proyek dan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR). Pihaknya juga berkomitmen dalam pengembangan proyek akan menaati dan memenuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik pada tingkat pusat maupun daerah.

"Sehingga Proyek Strategis Nasional ini dapat selesai tepat waktu, menghasilkan produk bermutu tinggi serta efisien dalam menggunakan sumber daya dan ramah lingkungan sesuai visi PT Borneo Alumina Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Pembangunan SGAR di Mempawah, Gubernur Kalbar Sutarmidji Pinta PT BAI Serap Tenaga Kerja Lokal

Ia menerangkan di samping pembangunan smelter ini memiliki arti penting untuk memberikan nilai tambah dari hasil tambang yang digali, pembangunan tersebut juga bernilai positif karena akan menjadi salah satu aset ekonomi yang bersifat strategis di Kalimantan Barat.

"Smelter ini diharapkan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan ekonomi nasional secara umum dan Kalimantan Barat secara khusus," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M. Hum menuturkan bahwa pembangunan Smelter punya arti yang penting untuk memberikan nilai tambah dari hasil tambang yang digali dan diproduksi.

"saya meyakini bahwa pembangunan Smelter ini juga bernilai positif karena akan menjadi salah satu aset ekonomi yang bersifat strategis yang ada di Kalimantan Barat, yang kita harapkan akan banyak memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan ekonomi Kalimantan Barat ke depan," ujarnya.

Menurutnya dengan dimulainya pemancangan tiang pertama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Proyek ini juga menjadi wujud nyata PT BAI dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan perekonomian daerah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved