Breaking News:

SUDAH Pernah Terkena Covid-19 Apakah bisa Melindungi dari Infeksi Ulang?

Dari hasil studi tersebut, menjadi bukti menggembirakan dan pertanda baik bagi vaksin yang saat ini tengah dikembangkan.

SHUTTERSTOCK
SUDAH Pernah Terkena Covid-19 Apakah bisa Melindungi dari Infeksi Ulang? 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pernah terinfeksi Covid-19, menurut dua studi baru, dapat melindungi orang tersebut dari infeksi ulang virus corona di masa depan.

Dalam studi yang dilakukan para peneliti di Inggris menemukan bahwa antibodi terhadap virus corona yang terbentuk dalam tubuh jauh lebih kecil kemungkinannya menunjukkan hasil positif saat dilakukan tes kembali enam bulan kemudian, atau bahkan lebih lama.

Dari hasil studi tersebut, menjadi bukti menggembirakan dan pertanda baik bagi vaksin yang saat ini tengah dikembangkan.

Vaksin Covid-19 akan dapat dengan mudah memprovokasi sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi dan membantunya menangkal infeksi virus yang masuk.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (28/12/2020), Dr. Ned Sharpless dari National Cancer Institute Amerika Serikat mengatakan orang dengan antibodi dari infeksi alami, dengan urutan perlindungan yang sama yang didapatkan dari vaksin, maka risiko untuk terkena virus lagi jauh lebih rendah.

"Sangat, sangat jarang terinfeksi kembali," kata Dr Sharpless.

Studi yang dilakukan peneliti ini menggunakan dua jenis tes, salah satunya tes darah antibodi, yang menunjukkan bahwa antibodi dapat bertahan selama berbulan-bulan setelah infeksi.

Jenis tes lain yakni menggunakan tes usap atau sampel hidung atau sampel lain untuk mendeteksi virus corona itu sendiri, yang menunjukkan infeksi saat ini atau baru-baru ini.

Salah satu studi telah diterbitkan pada Rabu pekan lalu di New England Journal of Medicine.

Studi ini melibatkan lebih dari 12.500 petugas kesehatan di Rumah Sakit Universitas Oxford di Inggris.

Halaman
12
Editor: Rizky Zulham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved