Breaking News:

Kuliah BSI Aja

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Pontianak Lisnawanty Paparkan Penguatan Karakter Mahasiswa

Upaya peningkatan literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter mahasiswa menjadi tanggungjawab perguruan tinggi.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Pontianak, Lisnawanty. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Penyelenggaraan pendidikan dengan membekali mahasiswa ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang progresif agar dapat eksis dan berjaya dalam kehidupannya, serta tetap memperhatikan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa, kebutuhan masyarakat, kemajuan IPTEKS, dan kultur budaya bangsa Indonesi.

"Upaya peningkatan literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter mahasiswa menjadi tanggungjawab perguruan tinggi," kata Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Pontianak, Lisnawanty, Senin 28 Desember 2020.

Upaya ini sebagai dasar utama dalam penyajian kurikulum yang tidak hanya menekankan potensi hardskill akan tetapi perlu juga menggali potensi softskill dari mahasiswa, yang senantiasa relevan dengan kebutuhan stakeholder.

Mata kuliah yang diselenggarakan program studi suatu perguruan tinggi juga turut memberikan dukungan dalam penguatan pendidikan karakter mahasiswa.

Oleh karena itu, selaku pendidik wajib memiliki kompetensi profesional yang meliputi kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, dan keahlian yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan bekerja secara profesional dengan prinsip ibadah.

Pendidikan vokasi dengan fokus keahlian bidang sistem informasi akuntansi, mahasiswa dididik untuk memiliki kemampuan memahami proses bisnis sistem yang berjalan pada kajian suatu kasus, kemampuan membaca permasalahan, melakukan analisa kebutuhan, serta mengimplementasikan alternatif solusi secara aplikatif.

Dengan menitikberatkan pada produktivitas seorang pendidik atau dosen dalam proses belajar mengajar menggunakan metode belajar yang berpusat pada mahasiswa dengan melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berinovasi.

"Untuk menghasilkan keluaran dari sejumlah mata kuliah praktik yang dirancang dengan berbasis studi kasus untuk menghasilkan project atau aplikasi yang bertujuan agar mahasiswa terbiasa dalam memecahkan suatu permasalahan," tuturnya.

Sebagai penunjang kompetensi mahasiswa, perguruan tinggi perlu menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi dimana sertifikasi kompetensi ini untuk menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa telah dievaluasi oleh pihak ketiga.

Dengan sertifikasi kompetensi ini memberikan jaminan bahwa mahasiswa yang memiliki sertifikasi telah mendapatkan standar kompetensi tertentu sehingga mahasiswa memiliki keunggulan kompetitif dibanding lulusan lainnya yang tanpa sertifikat, memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan, memiliki potensi untuk mendapatkan posisi kerja yang lebih baik, serta menunjang karir profesional para lulusan.

Selain itu perlu bekerjasama dengan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi untuk memberikan dukungan pada mahasiswa dalam kegiatan pendidikan bela negara/kewiraan/wawasan nusantara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Pendidikan bela negara ini menjadi perwujudan sikap dan perilaku mahasiswa sebagai warga negara atas kecintaan mahasiswa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Fakultas Teknik & Informatika Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) turut bertanggungjawab dalam menyelenggarakan aktivitas pendidikan/pengajaran terbaik serta menghasilkan lulusan yang berkompeten. Programmer, accounting software implementor, accounting analyst, dan kemampuan entry data merupakan profil utama bagi mahasiswa untuk menjadi lulusan yang siap berdaya guna di dunia usaha atau dunia industri.

"Langkah ini sebagai upaya mendorong mahasiswa memiliki hardskill dan softskill yang dapat berdaya guna di lingkungan masyarakat, serta mampu menghadapi persaingan di dunia kerja," pungkasnya. (*)

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved