Sedang Berlangsung Live Streaming Konferensi Pers Presiden Joko Widodo Jawab Isu Reshuffle Kabinet

Sedang berlangsung konferensi pers Presiden Joko Widodo di tengah beredarnya isu perombakan kabinet atau reshuffle,

Sedang Berlangsung Live Streaming Konferensi Pers Presiden Joko Widodo Jawab Isu Reshuffle Kabinet
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Presiden Joko Widodo.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sedang berlangsung konferensi pers Presiden Joko Widodo di tengah beredarnya isu perombakan kabinet atau reshuffle,

Pidato Jokowi menarik perhatian masyarakat yang menunggu kepastian setelah selama sepekan terakhir beredar isu reshuffle.

Apalagi, berdasarkan pantauan Kompas.com di Istana Kepresidenan, saat ini Presiden Jokowi sudah ditemani Wapres Ma'ruf Amin.

Isu reshuffle berembus kencang setelah kosongnya posisi dua menteri di Kabinet Indonesia Maju akibat menjadi tersangka kasus korupsi.

Pertama, operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Tak lama berselang, giliran Menteri Sosial Juliari Batubara yang menjadi tersangka dalam kasus korupsi bantuan sosial.

Harian Kompas pada 18 Desember menulis, isu perombakan kabinet kian menguat karena pada pekan ini terdapat hari Rabu Pon 23 Desember 2020 yang merupakan weton atau hari lahir Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan catatan pemberitaan Kompas, selama enam tahun memerintah, sejak periode pertama 2014-2019 dan kini periode kedua 2019-2024, beberapa kali Presiden Jokowi mengeluarkan keputusan penting pada hari lahirnya itu.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, weton memang merupakan hari istimewa yang bisa menjadi dasar untuk menentukan hari baik, hari keberuntungan, bahkan hari sial seseorang.

Tidak hanya itu, Jokowi juga diketahui sudah melakukan pertemuan intens dengan sejumlah ketua umum partai politik.

Beberapa partai sudah mengonfirmasi adanya pembicaraan ketua umumnya dengan Presiden, antara lain PPP, Partai Gerindra, dan PDI-P.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah melakukan pertemuan empat dengan Wapres Ma'ruf Amin dalam beberapa waktu terakhir.

Daftar Nama Calon Menteri

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV, Zeki Rahmat, pihak istana sudah memberikan sinyal terkait nama-nama yang akan dipanggil.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved