Breaking News:

Danlanal Pimpin Panen Raya dari Program Ketahanan Pangan Lanal Ketapang

Tujuannya untuk memulihkan perekonomian masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 khususnya di Kecamatan Kendawangan.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A, M.Tr.Hanla memimpin pelaksanaan Panen Raya hasil perkebunan program ketahanan pangan TNI AL, di Mako Lanal Ketapang Jl. Pangeran Adi Kelurahan, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Jum'at 18 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A, M.Tr.Hanla memimpin pelaksanaan Panen Raya hasil perkebunan program ketahanan pangan TNI AL, di Mako Lanal Ketapang Jl. Pangeran Adi Kelurahan, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Jum'at 18 Desember 2020.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu hasil kreatifitas prajurit Lanal Ketapang berserta masyarakat binaan yang ada di wilayah kerja Lanal Ketapang

Tujuannya untuk memulihkan perekonomian masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 khususnya di Kecamatan Kendawangan.

"Program ini terus akan berlanjut dan berkembang walaupun masa pademi Covid 19 berlalu nantinya,” ujar Danlanal.

Baca juga: Legal Coaching Forum Sebagai Upaya Strategi Penanganan Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Ia melanjutkan, untuk mengantisipasi dan mencegah krisis pangan maka dibutuhkan pelaksanaan program ketahanan pangan mandiri.

Hal itu juga dilaksanakan sesuai intruksi Kasal.

Oleh karena itu, jajaran TNI AL di Ketapang ikut mempelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat dengan melaksanakan ketahanan pangan dengan memaksimalkan lahan Mako yang cukup luas.

"Kami keluarga besar TNI AL khususnya Lanal Ketapang mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program ketahanan pangan yang sudah diintruksikan oleh pemerintah untuk mengantisipasi darurat pangan dan dampak pandemi Covid 19,” terangnya.

Adapun tanaman yang dipanen saat panen raya antara lain jagung, semangka, cabe dan tomat. 

Di sela-sela kegiatan panen raya Danlanal Ketapang juga mengecek serta memberi makan ikan lele yang juga hasil dari budidaya ketahanan pangan Lanal Ketapang

Diketahui juga luas lokasi yang saat ini sudah dikerjakan oleh prajurit Lanal Ketapang beserta masyarakatnya untuk dijadikan perkebunan ketahanan pangan kurang lebih sekitar 4 hektar dari luas lahan Mako 17,5 Hektar. 

Dengan lahan yang masih luas dan belum digunakan, kedepannya Lanal Ketapang secara bertahap akan membuka lahan dijadikan lahan pertanian agar dapat lebih bernilai ekonomis dengan bibit tanaman yang beraneka seperti sayuran dan buah-buahan. 

"Lanal Ketapang saat ini juga membudidayakan ikan lele dengan jumlah benih yang sudah diterbar di kolam sebesar kurang lebih 20 ribu ekor dan sudah akan memasuki masa panen," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved