Breaking News:

Empat Kabupaten Gelar Rekapitulasi Hari Ini, Ramdan Ungkap Kesiapan Pihaknya Hadapi Sengketa

Sementara untuk tiga kabupaten lainnya, Ramdan menerangkan direncakanakan akan terlaksana pada 16 Desember ataupun Rabu esok.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MARPINA
Suasana rapat pleno pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2020 di tingkat Kabupaten Sekadau, di gedung Kateketik Sekadau, Kalimantan Barat, Selasa 15 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan mengungkapkan jika ada empat dari tujuh Kabupaten yang melaksanakan rekapitulasi hasil pilkada 2020.

Diungjapkannya, sesuai jadwal tahapan rekapitulasi di Kabupaten itukan mulai tanggal 13-17 Desember.

"Teman-teman (KPU,red) di tujuh Kabupaten untuk Bengkayang, Sekadau, Sintang dan Melawi menjadwalkan hari ini," katanya, Selasa 15 Desember 2020.

"Saya dari tadi pagi sudah koordinasi dan komunikasi dengan teman-teman yang melakukan monitoring, Alhamdulillah semua sudah berjalan," tambahnya.

Sementara untuk tiga kabupaten lainnya, Ramdan menerangkan direncakanakan akan terlaksana pada 16 Desember ataupun Rabu esok.

Baca juga: KPU Bengkayang Targetkan Rekap Hasil Pilkada Selesai Sehari

"Jadi untuk ditanggal 16 Sambas, Kapuas Hulu dan Ketapang, mudah-mudahan ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal hari ini tentu terkait penetapan rekapitulasi hasil penghitungan ditingkat Kabupaten," tutur Ramdan.

Setelah dilaksanakan rekap nantinya ditingkat Kabupaten, Ramdan menjelaskan tentu pihaknya juga menunggu potensi dari pihak yang hendak bersengketa.

Prinsipnya, kata mantan Komisioner KPU Singkawang ini jika KPU tentu siap jika pun ada yang mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tinggal kita lihat apakah nanti pengajuan sengketa atau tidak. Tentu kami akan menunggu dan kalau memang ada yang menyampaikan gugatan ke MK, tentu KPU yang diajukan akan menyiapkan semua apa yang ajukan sebagai proses gugatan itu, sebagai jawaban dari teman-teman," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini tidak ada hambatan dari hari pemungutan dan penghitungan di TPS tanggal 9 Desember, berjalan lancar, begitu juga untuk rekap tingkat kecamatan.

Walaupun proses pelaksaan kemarin memang sempat ada PSU, di Melawi dan Kapuas Hulu, namun Ramdan memastikan semua berjalan dengan lancar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved