Breaking News:

Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pamtas Gencar Laksanakan Sweeping di Perbatasan

Mereka mengecek identitas dan barang bawaan setiap pelintas, baik pelintas yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia saat melaksanakan sweeping di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban warga menjelang Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) 642/Kapuas terus meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan kegiatan sweeping di Jalan persimpangan Tugu Semut, Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Satgas Pamtas, yang ada di Pos Camar Bulan, yang dipimpin oleh Sertu Susta bersama 5 anggota lainnya.

Mereka mengecek identitas dan barang bawaan setiap pelintas, baik pelintas yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dalam rilis tertulisnya kepada Tribunpontianak.co.id, Dansatgas Pamtas Yonif 652/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan bahwa kegiatan sweeping merupakan salah satu tugas Satgas Pamtas Yonigf 642/Kps.

Baca juga: Bantu Perbaiki Jembatan, Ini Penjelasan Danpos Satgas Pamtas RI-Malaysia

"Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, seluruh jajaran Satgas Yonif 642/Kps terus meningkatkan kewaspadaan, pengawasan serta pengamanan di perbatasan," ujarnya.

"Tujuannya adalah sebagai upaya mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang terjadi di daerah perbatasan, seperti lintas ilegal baik itu orang maupun barang," ungkap Dansatgas.

Dia menjelaskan, wilayah perbatasan memang memiliki banyak akses, bukan hanya jalan umum saja yang digunakan, namun juga ada jalan tikus yang kerap dijadikan para pelaku sebagai jalur penyelundupan barang-barang ilegal dan Narkoba.

Dia menambahkan bahwa Satgas Yonif 642/Kps akan terus meningkatkan kewaspadaan dengan terus melakukan kegiatan-kegiatan patroli maupun sweeping.

Terutama pada jalur yang sering terjadinya kegiatan ilegal maupun penyelundupan barang, seperti Narkoba.

"Kita akan menindak tegas para pelaku sesuai aturan yang berlaku serta selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kepolisian maupun Instansi Perbatasan lainnya," jelas Dansatgas.

Oleh karenanya, dia berharap, dengan kegiatan sweeping yang rutin dilakukan nantinya dapat menutup dan mempersempit pergerakan pelaku peredaran Narkoba serta kegiatan ilegal lainnya di perbatasan. (*)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved