Breaking News:

Poktan Muda Tani Singkawang Tengah Dapat Bantuan BI Kalbar, Ini Harapan Yusnita

Dengan luas pertanian keladi yang mencapai 50 haktare, dimana rata-rata setiap satu hekatere dapat menghasilkan sekitar 2 Ton keladi tiap panen

TRIBUN PONTIANAK/Rizki Kurnia
Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang, Yusnita Fitriadi (dua dari kiri) saat menanam cabai. Kamis 10 Desember 2020 kemarin. 

Laporan wartawan tribunpontianak rizki kurnia

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang, Yusnita Fitriadi mengharapkan program metodelogi rain shelter dan mikoriza bantuan dari Bank Indonesia Kalbar ini cocok di wilayah Kota Singkawang yang mungkin memiliki iklim yang berbeda dengan berberapa daerah lain yang telah dilakukan metodelogi ini.

"Mudah-mudahan dengan ini, hasil panen dapat lebih banyak," kata Yusnita kepada wartawan, Kamis 11 Desember 2020 kemarin.

Dia juga berterimakasih kepada Bank Indonesia Kalbar karena telah memberikan bantuan untuk Kelompok Pengolahan Hasil Bulan Purnama dengan Program Sosial Bank Indonesia PSBI Hilirisasi Pengolahan Hasil Keladi.

"Alhamdulillah hari ini dari BI Kalbar juga membantu berupa alat untuk mengolah keladi, khususnya menjadi tepung," katanya. 

Baca juga: Ketua DPRD Singkawang Apresiasi Bank Indonesia Bantu Kelompok Tani

Terlebih, harga tepung keladi menurut Yusnita lebih mahal dari pada keladi yang belum di olah. Dia yakin upaya yang dilakukan BI Kalbar ini akan membantu meningkatkan perekonomian petani.

"Mudah-mudahan nanti hasil olahan petani ini bisa sama-sama kita promosikan dan bantukan pemasarannya," katanya.

Dengan luas pertanian keladi yang mencapai 50 haktare, dimana rata-rata setiap satu hekatere dapat menghasilkan sekitar 2 Ton keladi tiap panen, petani sudah dapat mengekspor hasil pertanian hinggan keluar negeri seperti Malaysia.

Namun, akibat pandemi Covid-19 aktivitas ekspor terpaksa harus dihentikan oleh pihak Malaysia, sehingga ini menjadi kendala bagi petani keladi. 


Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved