Breaking News:

Kapuas Hulu Peringkat ke-2 se Kalbar Dalam Penanganan Stunting

Nasir menjelaskan, pihaknya tidak cukup hanya baik dalam penanganan stunting, tetapi program kegiatan itu harus didukung dengan anggaran.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir saat menyerahkan penghargaan kepada petugas dalam keberhasilan penanganan kasus stunting di Kapuas Hulu, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyatakan, penanganan kasus stunting di Kapuas Hulu mendapat peringkat ke-2 se Provinsi Kalimantan Barat.

"Artinya dari sisi penanganan kita sudah bagus.

Jadi dalam penanganan stunting ini semua stakeholder harus bisa ambil bagian, dari kabupaten sampai ke tingkat desa,” ujarnya, Kamis 10 Desember 2020.

Nasir menjelaskan, pihaknya tidak cukup hanya baik dalam penanganan stunting, tetapi program kegiatan itu harus didukung dengan anggaran.

"Jadi peran OPD termasuk camat, agar mengalokasikan anggaran untuk penanganan stunting.

Karena rencana aksi program rencana kerja kita sudah bagus,” ucapnya.

Baca juga: Kejari Kapuas Hulu Monitor Pekerjaan Proyek Pembangunan Pemerintah

Menurutnya, permasalahan stunting tidak hanya menyebabkan pertumbuhan fisik terganggu, namun juga mengancam kognitif dan kecerdasan anak serta gangguan kesehatan lainnya.

“Untuk itu tingkat pengetahuan masyarakat dan kelompok sasaran harus terus dilakukan pembinaan dengan terus melaksanakan intervensi gizi, serta harus dilakukan identifikasi faktor penghambat pencapaian kinerja penurunan stunting,” ujarnya.

Diharapkan, melalui pertemuan evaluasi itu agar dibuat rumusan target kinerja ke depan agar lebih maksimal.

"Kami mengapresiasi para pihak lintas program dan lintas sektor yang telah bekerja keras dalam upaya penurunan stunting, sehingga di masa yang akan datang pembangunan kesehatan mengalami kemajuan, menghadirkan SDM yang mampu bersaing dengan daerah lainnya,” ungkapnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved