Breaking News:

Kuliah BSI Aja

Mahasiswa UBSI Pontianak Ciptakan Website Perhitungan Royalti Penulis

Ekiriadi dan Paskalis Deo Pabayo, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontian

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ekiriadi dan Paskalis Deo Pabayo, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak berhasil membuat website laporan perhitungan royalti penulis. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ekiriadi dan Paskalis Deo Pabayo, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak berhasil membuat website laporan perhitungan royalti penulis.

Menurut mereka, pembuatan website tersebut di dasari atas kurangnya transparasi dan keakuratan dalam perhitungan royalti antara penulis dengan penerbit.

Perhitungan royalti harus sesuai dengan kontrak dan jumlah dari penjualan buku, sehingga penerbit dituntut menghitungnya dengan akurat.

“Saat ini dunia penerbitan buku semakin berkembang dilihat dari banyaknya jumlah penerbit sekarang. Namun hal ini tidak dibarengi dengan siapnya admnistrasi dalam pelaporan keuangan yang baik, salah satunya laporan perhitungan royalti penulis. Hal ini lah yang membuat kami untuk menciptakan website yang bisa menghtiung hal tersebut,” ujar Paskalis, Selasa 8 Desember 2020.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa website yang dibuatnya menampung penambahatan daftar buku, daftar penulis, dan daftar penjualan.

Dalam menu penjualan ketika jumlah penjualan ditambah maka otomatis perhitungan royalti akan muncul.

Ini menjadi kelebihan karena website mampu memberikan laporan perhitungan royalti secara akurat.

“Melihat permasalahan yang kami dapati di perusahaan penerbitan buku, kami menyimpulkan bahwa kebijakan perhitungan royalti bisa saja berubah sewaktu-waktu berdasarkan kesepakatan anatara peerbit dan penulis, untuk itu kami buat perhitungannya dapat disesuaikan sesuai kebijakan yang disepakati,” ungkapnya.

Windi Irmayani, selaku pembimbing memberikan apresiasi atas ide pembuatan website tersebut.

Menurutnya ide tersebut sangat lah berbeda dari mahasiswa yang lain sehingga hal ini memiliki nilai plus tersendiri.

“Semoga website ini terus berkembang menjadi lebih baik dan dapat di implementasikan langsung kepada perusahaan penerbitan buku yang ada sebagai wujud eksistensi mahasiswa UBSI Kampus Pontianak,” tutup Windi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved