Breaking News:

Tantangan Membumikan Pancasila Dalam Tegangan Disparitas Keadilan Sosial

Sosialisasi Empat Pilar mengambil tema permenungan Tantangan dan Upaya Membumikan Ideologi Pancasila Dalam Masyarakat Indonesia Kalimantan Barat.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan oleh Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bekerja sama dengan Yayasan Sumangat Nusantara di Rumah Radank yang terletak di Jalan Sutan Syahrir Kota Pontianak, Sabtu 5 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pagi itu cuaca di Pontianak tidak terlalu panas, Sabtu, 5 Desember 2020 ada perhelatan Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan oleh Badan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bekerja sama dengan Yayasan Sumangat Nusantara di Rumah Radank yang terletak di Jalan Sutan Syahrir Kota Pontianak.

Orang mulai berdatangan dengan menggunakan motor dan mobil. Diantara mereka hadir para dosen, guru, tokoh agama yang tergabung dalam FKUB (Forum komunikasi Umat Beragama Provinsi) dan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pontianak.

Hadir juga sebagai pembicara Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd, guru besar dari IKIP PGRI Pontianak dan Maria Goreti, S.Sos., M.Si Senator asal Kalimanntan Barat dan beberapa staf kesetjenan MPR RI.

Sosialisasi Empat Pilar mengambil tema permenungan Tantangan dan Upaya Membumikan Ideologi Pancasila Dalam Masyarakat Indonesia Kalimantan Barat.

Prof Hamid dalam paparannya mengatakan bahwa Pancasila merupakan landasan atau pilar pertama yang menyokong kekokohan yang dimiliki bangsa Indonesia. Pemikiran tersebut muncul karena 5 sila yang terdapat dalam pancasila merupakan wujud dari sistem kepercayaan (belief system) yang dimiliki Indonesia.

“Indonesia merupakan negara yang majemuk dengan keanekaragaman yang dimilikinya. Oleh karena itu, sistem kepercayaan yang dimiliki diharapkan mampu mengakomodir atau menjembatani seluruh keberagaman yang ada itu," kata dosen Pendidikan Kewarganegaran di perguruan tinggi yang mendidik calon guru ini.

Menurut Prof Hamid, cara membumikan Pancasila antara lain dengan pertama-tama menciptakan kedamaian, yaitu situasi yang menggambarkan tidak adanya konflik dan kekerasan.

Segala unsur yang terlibat dalam suatu proses sosial berlangsung secara selaras, serasi dan seimbang, sehingga menimbulkan keteraturan, ketertiban dan ketenteraman.

Baca juga: Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI, Maria Lestari: Untuk Menanamkan Jiwa Semangat dan Patriotisme

Segala kebutuhan yang diperlukan manusia dapat terpenuhi, sehingga tidak terjadi perebutan kepentingan. Hal ini akan terwujud bila segala unsur yang terlibat dalam kegiatan bersama mampu mengendalikan diri.

Kedua meningkatkan yaitu adalah suatu sikap yang menggambarkan keyakinan akan adanya kekuatan transendental yang disebut Tuhan Yang Maha Esa.

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved