Breaking News:

Penanganan Covid

Menristek Tunjuk Unair Jadi Tim Pengembangan Vaksin Merah Putih

Selain bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo, Unair juga menggandeng PT Biotis Pharmaceutical untuk melakukan uji coba vaksin

Editor: ruddy
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Menristek Bambang Brodjonegoro 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro baru saja menunjuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebagai tim yang akan mengembangkan vaksin virus corona (Covid-19) 'Merah Putih'.

Keputusan Menristek tersebut disampaikan dalam lawatannya ke Surabaya dan agenda tersebut turut diadakan pula secara virtual, Jumat (4/12/2020) sore.

"Saya memberikan secara resmi Kep (keputusan) Menristek mengenai penetapan tim peneliti Unair sebagai tim yang mengembangkan Vaksin Merah Putih," ujar Bambang, pada kesempatan tersebut.

Selain bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Unair juga menggandeng PT Biotis Pharmaceutical untuk melakukan uji coba vaksin ini pada hewan.

Bambang berharap Desember ini pihaknya sudah bisa melakukan tinjauan.

Selain itu diharapkan pula pada periode Januari hingga Maret 2021, bibit vaksin ini bisa diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan PT Biotis.

Baca juga: Menko Luhut Minta Masyarakat Tak Lagi Ciptakan Kerumunan

"Mudah-mudahan pada Desember ini tinjauan sudah bisa dilakukan, dan pada triwulan pertama tahun depan Unair bisa menyerahkan bibit vaksinnya ke Badan Oengawas Obat dan Makanan dan PT Biotis," kata Bambang.

Sebelumnya, penelitian dan pengembangan vaksin virus corona (Covid-19) 'Merah Putih' yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair), mulai memasuki proses uji coba terhadap hewan.

Bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, uji coba ini rencananya akan dilakukan pada Desember 2020.

Catatan Redaksi :

Bersama-kita lawan virus corona.

Tribunpontianak.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menristek Tunjuk Unair sebagai Tim Pengembangan Vaksin Merah Putih

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/12/05/menristek-tunjuk-unair-sebagai-tim-pengembangan-vaksin-merah-putih

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved