Breaking News:

Serapan Anggaran di 2020 Capai 93 Persen, DPRD Ketapang Dorong OPD Tingkatkan Serapan Anggaran

Khusus serapan anggaran tahun 2020, Febri berpendapat kalau di APBD Murni ada kesenjangan antara OPD dalam melakukan kegiatan administarsi.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/NUR IMAM SATRIA
Ketua DPRD Ketapang, M. Febriadi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ketapang mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan serapan anggaran di tahun 2021 mendatang.

"Catatan khusus ke Pemda diharapkan agar serapan anggaran di OPD yang melakukan kegiatan belanja modal lebih ditingkatkan lagi," kata Ketua DPRD Ketapang, M Febriadi Selasa 1 Desember 2020.

Febri sapaannya menilai, serapan anggaran untuk tahun 2021 penting untuk ditingkatkan. Pasalnya, jika berkaca pada tahun 2020, masih banyak anggaran tidak terserap atau terlaksana oleh Pemda Ketapang.

"Seperti kita ketahui bersama, selain wabah pandemi Covid-19, tapi banyak anggaran tidak terserap tahun 2020 ini. Kita harap kedepan bisa lebih maksimal lagi penyerapan anggarannya, kita akan dorong itu," jelasnya.

Khusus serapan anggaran tahun 2020, Febri berpendapat kalau di APBD Murni ada kesenjangan antara OPD dalam melakukan kegiatan administarsi.

"Sedangkan APBD Perubahan, saya kira mungkin karena waktu mepet, sehingga kegiatan yang ada di OPD itu khususnya belanja modal tidak terlaksana dengan baik," timpalnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Ketapang Akan Bangun Laboratorium untuk Tes PCR

Sampai akhir Desember 2020, DPRD melihat persentase serapan anggaran di Pemkab Ketapang tahun 2020 secara komulatif kurang lebih 93 persen.

Angka demikian menurutnya sudah cukup baik, namun pihaknya tetap akan terus mendorong untuk peningkatan.

"Tidak pernah dalam sebuah APBD penyerapan anggaran 100 persen. Di Kementerian saja masuk angka 72 persen itu sudah paling baik. Bahkan ada Kementerian penyerapannya 82 persen tapi dapat tambahan anggaran dari pemerintah pusat," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved