Breaking News:

Kesbangkol Kalbar Beri Pendidikan Etika dan Budaya Politik lewat Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK

Kegiatan ini fokuskan diperuntukan untuk anak-anak di SMA/SMK Se-Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan ke

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Kesbangpol Kalbar Hermanus bersama juri lomba dan pemenang lomba pidato etika dan budaya politik tingkat SMA/SMK Se-Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya di Hotel Kapuas Palace, Jumat 27 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalbar mengumumkan pemenang lomba pidato etika dan budaya politik tingkat SMA/SMK Se-Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya pada acara puncak yang digelar di Hotel Kapuas Palace, Jumat 27 November 2020.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalbar,Hermanus mengatakan Kesbangpol Provinsi Kalbar kembali melaksanakan kegiatan yang tentu sangat penting sekali yakni Lomba Pidato Etika dan Budaya Politik.

Kegiatan ini fokuskan diperuntukan untuk anak-anak di SMA/SMK Se-Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan kecerdasan kepada para pelajar.

“Kita ketahui bersama mereka adalah para generasi penerus bangsa ini kedepan. Tentu kegiatan ini penting sekali untuk bagaimana kita ingin mengajak mereka sebagai orang muda yang tentu harus memahami bagaimana etika budaya politik itu sendiri,”jelasnya.

Dikatakannya jangan sampai di usia mereka hanya menngetahui politik sebagai politik praktis saja, tapi juga harus memahami ketika berbicara tentang politik ini tidak bisa dilepaskan dari etika dan budaya politik itu sendiri.

“Karena politik tanpa etika dan budaya pada akhirnya akan menciptakan kemunduran dan persoalan dalam kehidupan berdemokrasi. Melalui kegiatan ini kita ingin memberikan pencerdasan, pembinaan pada masyarakat mulai dari lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Selain itu menjadikan para pelajar sebagai orang yang diharapkan bisa menjadi generasi pelopor yang teladan dalam upaya mempersiapkan generasi muda yang memiliki akhlak, nilai moral yang baik didalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Wujudkan Ketahanan Pangan di Kalbar, Maria Lestari Gandeng LDII Kalbar

“Kalau melihat penampilan mereka yang telah tampil dan pada kegiatan ini sangat antusias sekali,” ucapnya.

Ia mengatakan dari awal lomba ada 25 peserta yang ikut yang sebenarnya bisa lebih banyak lagi. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 banyak pelajar yang mungkin tidak mendapatkan informasi sehingga sangat terbatas.

“Kita harapkan kedepan akan semakin banyak peserta yang mengikuti. Jadi ada 25 peserta dari 19 sekolah. Ada 6 orang masuk grand final. Penampilan mereka sangat luar biasa mereka memahami tentang etika dan budaya politik serta apa yang harus dilakukan terutama dalam menghadapi gencarnya perkembangan Iptek,” ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved