Breaking News:

Banjir Sebabkan Lebih Dari 3 Kilometer Jalan Trans Kalimantan Terendam Air

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan nasional itu terganggu, setiap kendaraan yang hendak melintas titik banjir harus bergantian.

TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Kondisi jalan Trans Kalimantan yang terendam air di Kecamatan Sungai Ambawang, kabupaten Kubu Raya, Sabtu 28 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Hujan deras dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah Desa di Kabupaten Kubu Raya terendam banjir, bahkan akibat banjir, jalan trans Kalimantan yang menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah juga ikut terendam.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan nasional itu terganggu, setiap kendaraan yang hendak melintas titik banjir harus bergantian.

Warga desa pun turut membantu mengarahkan kendaraan yang melintas agar tidak terjebak di titik banjir terdalam yang dapat membuat kendaraan mogok.

Tak sedikit pula kendaraan roda dua yang terpaksa harus di dorong, akibat air yang masuk kedalam bagian mesin kendaraan.

Untuk membantu pengendara, warga setempat pun menyediakan jasa ojek Pick up dan truk untuk membantu pengendara melintasi banjir di jalan trans Kalimantan.

Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana menyampaikan, dari pantauan pihaknya banjir yang menggenangi jalan Trans Kalimantan terjadi di dua Desa, Desa teluk Bakung dan Desa Pancaroba, dengan total panjang jalan yang tergenangi air lebih dari 3 kilometer, dengan ketinggian air rata - rata hingga 50 Cm. Sabtu 28 November 2020.

Baca juga: VIDEO: Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana Tinjau Kondisi Banjir di Ambawang

''Untuk pengamanan di lokasi banjir, kita dari Polres Kubu Raya sudah mengoprasikan Pos Polisi Lingga yang sudah beroprasi selama 24 jam, disana kita sudah mensiagakan 10 personel gabungan, dari Sabhara, Bhabinkamtibmas, dan lalu lintas,'ujarnya.

Kemudian, untuk menjaga Kamtibmas di lokasi Banjir, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak desa untuk bersama - sama menjaga kambtibmas di wilayah yang tergenangi Banjir, serta membantu pengendara untuk melintasi jalan Trans Kalimantan yang tergenangi banjir.

''Disatu sisi, kami juga sudah menghimbau kepada warga desa untuk tidak melakukan tindakan - tindakan yang merugikan, seperti meminta uang dengan paksa kepada pengendara yang melintas, karena hal itu akan berakibat hukum,''tuturnya.

Kemudian, Kepala BPBD Kabupaten Kubu Raya Mochtar menyampaikan, dari pemantauan BPBD terdapat 5 Desa di 2 Kecamatan yang tergenangi banjir, di Kacamatan Ambawang terdapat 5 Desa yang tergenangi banjir yakni Desa Pasak Tiang, Desa Lintang Batang, Desa Kuala Bakung, Desa Pancaroba, dan Desa Lingga. kemudian di Kecamatan Kuala Mandor B di Desa Retok yakni Dusun Memperinggang.

terkait jumlah warga yang terdampak banjir, Mochtar mengatakan pihaknya hingga kini masih terus melakukan pendataan. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved