Breaking News:

Ekonomi Kreatif Dari Buah Kelapa Bagi Masyarakat Desa Sungai Kupah

Pemanfaatan terhadap komoditas kelapa di Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya masih terbatas dan belum dikelola secara maksimal.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian khususnya komoditas kelapa. Pemanfaatan terhadap komoditas kelapa di Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya masih terbatas dan belum dikelola secara maksimal. 

Citizen Reporter

Pelaksana & Penulis Program Studi Agribisnis

Ellyta, SP, M. Si dan Sri Widarti, SP, MP

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang dapat menopang kehidupan masyarakatnya. Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian khususnya komoditas kelapa.

Pemanfaatan terhadap komoditas kelapa di Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya masih terbatas dan belum dikelola secara maksimal.

Buah kelapa hanya dijual dalam bentuk butiran, dan apabila harga kopra tinggi maka buah kelapa baru akan diolah sebagai kopra sebagi bahan baku minyak kelapa.

Kebiasaan (habit) masyarakat yang sudah menjadi kebiasaan tersebut sulit untuk diubah, apalagi didukung dengan minimnya pengetahuan dan informasi untuk melakukan perubahan tentang pengelolaan buah kelapa sehingga bisa memberikan nilai tambah dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dengan bahan baku kelapa yang melimpah perlu upaya menggalakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya maka pemberdayaan ekonomi kreatif dapat dilakukan melalui pemanfaatan tanaman kelapa menjadi tanaman Bonsai.

Baca juga: PSP2dP UPB Pontianak Gelar Sekolah Cuaca Lapangan Bagi Nelayan Sungai Kakap Kubu Raya

Pembuatan bonsai kelapa atau BONKLA ini dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah didapat di lokasi setempat. Saat ini bonsai kelapa digemari banyak kalangan.

Selain dijadikan sebagai penghias rumah, BONKLA pun dijadikan hobi untuk menyalurkan kreatifitas, tergantung bagaimana mengkreasikannya sehingga menjadi sebuah karya seni yang berestetika tinggi.

Pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di Desa Sungai Kupah Kabupaten Kubu Raya dengan membuat BONKLA merupakan solusi yang harus dilakukan sebagai pilihan alternatif bagi petani kelapa di daerah tersebut agar pendapatan tidak hanya bersumber dari hasil penjualan kelapa butiran dan pembuatan kelapa kopra saja.

Kegiatan membuat bonsai kelapa untuk dibudidayakan memang menyenangkan, selain cara membuat yang mudah juga cara merawatnya yang tak perlu membuat repot.

Kreasi ini dimulai dengan mencari bibit yang akan dijadikan bonsai dan menyiapkan bahan dan alatnya, sehingga bisa menghasilkan bonsai terbaik buatan sendiri yang mempunyai nilai untuk dipasarkan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Universitas Panca Bhakti Program Studi Agribisnis ini dilakukan di Desa Sungai Kupah dengan peserta masyarakat Desa Sungai Kupah dan dibatasi hanya 10 orang karena situasi Pandemi Covid 19 dan kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. (/*)

Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved