Breaking News:

PT Agro Andalan Bersama Warga Buat Sumur Bor, Wujudkan Ketersediaan Air Bersih

Alhamdulillah, dengan adanya program kolaborasi pengadaan air bersih antara PT Agro Andalan dengan masyarakat Dusun Sungai Durian

TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA
Warga Dusun Sungai Durian, Kabupaten Sekadau, saat menggali sumur bor menggunakan peralatan yang diberikan PT Agro Andalan, Februari 2020 sebelum Pandemi Covid-19 ditetapkan di Sekadau. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Sarana air bersih kini telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Begitu juga bagi masyarakat Dusun Sungai Durian, Desa Nanga Menterap, Kabupaten Sekadau, Kalbar.

Menyikapi kebutuhan tersebut, warga dusun Sungai Durian pun menggagas adanya pengadaan sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga, sejak bulan Februari 2020.

Gagasan itupun mendapat sambutan dari baik salah satu perusahaan kelapa sawit di wilayah tersebut, yakni PT Agro Andalan dengan menyediakan seperangkat peralatan sumur bor kepada warga yang kemudian dipergunakan untuk membuat sumur bor skala rumah tangga.

Kadus Sungai Durian, Hamsah menuturkan, beberapa bulan berjalan, akhirnya kolaborasi perusahaan dengan warga ini mulai membuahkan hasil.

Baca juga: Cabup Junaidi Soroti Ketersediaan Air Bersih Warga Ketapang

Saat ini terdapat sekitar 100 kelapa keluarga di empat Rukun Tetangga (RT) Dusun Sungai Durian telah memiliki fasilitas sumur bor di rumahnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya program kolaborasi pengadaan air bersih antara PT Agro Andalan dengan masyarakat Dusun Sungai Durian, saat ini warga sudah merasakan manfaatnya”, ujar Hamsah.

Hamsah menambahkan dalam pelaksanaannya, setiap sore hari usai melaksanakan aktivitas, seluruh warga dusun akan bergotong-royong membuat sumur bor tersebut, dengan rata-rata setiap hari warga dapat membuat 2 titik sumur bor.

Selain di Dusun Sungai Durian, PT Agro Andalan juga saat ini sudah memulai program pengerjaan pengadaan air bersih di Dusun Setawar, Desa Setawar.

Program pengadaan air bersih ini digagas untuk mengakomodasi aspirasi warga dan Pemerintah Desa Setawar untuk membantu kebutuhan masyarakat akan konsumsi air bersih.

Kepala Desa Setawar, Agus, menyampaikan warga desa sangat mengapresiasi kepedulian dari PT Agro Andalan.

Halaman
12
Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved