Breaking News:

Penanganan Covid

Rencana Vaksinasi Covid-19, Gubernur Sutarmidji Sebut Daerah Akan Ikuti Arahan Pemerintah Pusat

Dikatakannya untuk sejauh ini arahan secara spesifik dari pusat untuk daerah belum ada tapi Kalbar akan tetap mempersiapkannya.

TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Foto bersama Staf Khusus Presiden RI, Aminudin Ma’aruf saat melakukan kunjungan silahturahmi dengan Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji di Pendopo Kalbar, Sabtu 21 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji mengatakan bahwa untuk rencana Vaksinasi Covid-19 di Indonesia untuk pelaksanaan di daerah akan tetap mengikuti arahan Satgas Nasional maupun Kemenkes.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan silahturahmi Staf Khusus Presiden RI, Aminudin Ma’aruf di Pendopo Kalbar, Sabtu 21 November 2020.

“Rencana vaksin ini kita akan tetap mengikuti Satgas Nasional kalau disuruh mempersiapkan untuk vaksin kita siapkan,” ucapnya.

Dikatakannya untuk sejauh ini arahan secara spesifik dari pusat untuk daerah belum ada tapi Kalbar akan tetap mempersiapkannya.

“Nanti hari Selasa Satgas Provinsi Kalbar akan rapat untuk itu kita akan lebih tegas. Karena Kalbar pernah berada pada tingkat kesembuhan saat kita ketat dan sempat PSBB angka kesembuhan tertinggi di Indonesia mencapai 98,89 persen. Tapi sekarang tingkat kesembuhan kita dibawah rata- rata nasional,” ungkapnya.

Baca juga: Stafsus Presiden RI Sebut Rencana Vaksinasi Covid-19 Akan Ada Daerah Prioritas

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena tingkat kematian saja yang meninggal di Kalbar selama 6 bulan pertama hanya 4 orang. Namun setelah 6 bulan berikutnya sampai sekarang menjadi 22 orang yang meninggal.

“Jadi itu meningkat sekali harus kita pikirkan dan tingkat kesembuhan Kalbar harus tinggi. Satgas akan rapat Selasa di Aula Kodam kita akan lebih ketat lagi tidak boleh ada keramaian apapun,” jelasnya.

Saat ditanya terkait siapa yang akan menuadi orang pertama untuk uji coba vaksinasi Covid-19, Gubernur Sutarmidji mengatakan akan tetap mengikuti arahan Kemenkes dan Satgas Nasional karena daerah sebagai pelaksana.

“Kalau perlu yang pertama harus di vaksin adalah wartawan,” pungkasnya. (*)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpontianak.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun, dan wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved