Breaking News:

Bawaslu Apresiasi Deklarasi Desa Anti Politik Uang

deklarasi Desa Anti Politik Uang ini diharapkan memberikan efek domino sehingga satu desa yaitu desa lumbang dapat mempengaruhi desa lainnya,

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ WAWAN GUNAWAN
Pelaksanaan kegiatan Deklarasi Desa Anti Politik Uang yang dilaksanakan oleh IKMAS Pontianak, di Desa Lumbang, Kecamatan Sambas, Selasa 17 November 2020.   

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sambas, Ikhlas mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh mahasiswa yang tergabung dalam IKMAS Pontianak dan IMADL Desa Lumbang.

Dijelaskan dia, sesuai dengan aturan perundang-undangan politik uang memang sudah ditegaskan dan di larang.

"Sesuai denhan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 187 sangat jelas menerangkan bagaimana sanksi praktek politik uang itu," ujarnya, Selasa 17 November 2020.

"Karenanya, deklarasi Desa Anti Politik Uang ini diharapkan memberikan efek domino sehingga satu desa yaitu desa lumbang dapat mempengaruhi desa lainnya," jelas Ikhlas.

Baca juga: IKMAS Pontianak Gelar Deklarasi Desa Anti Politik Uang

Kata dia, Desa anti politik uang itu nantinya diharapkan bisa membentuk karakter masyarakat yang memilih bukan karena iming-iming.

Namun dalam hal memilih pemimpin, masyarakat diharapkan dengan memiliki kesadaran penuh. Hal ini demi terciptanya pilkada yang demokrartis dan mampu menekan potensi pelanggaran.

Karenanya kata dia, denganaparat adanya Desa anti politik uang ini, maka masyarakat diharapkan dapat ikut serta mengawasi dan melaporkan jika dalam pelaksaan Pilkada itu ada indikasi politik uang.

Kata Ikhlas, Bawaslu juga berharap kegiatan ini nantinya bisa menggerakkan dan memotivasi agar masyarakat ikut dan turut serta dalam pengawasan yaitu sebagai pengawas partisipatif.

"Karena politik uang sangat merusak demokrasi. Kita ajak semua pihak untuk ikut mengawasi praktik politik uang," tutupnya. 

Di akhir rangkaian kegiatan Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas memimpin pembacaan Deklarasi Desa Politik Uang.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved