Breaking News:

Target Tidak Tercapai, PAN Setujui RPJMD Perubahan yang Diusulkan Gubernur Kalbar

Tingkat Pengangguran Terbuka target tahun 2019 sebesar 3,9 Persen  namun realisasinya sebesar  4,45 Persen

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Kalbar, Ardiansyah menyerahkan beras secara simbolis didampingi Anggota DPRD Fraksi PAN, Ritaudin, Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar dan Bendahara DPW PAN, Upiek Lindra beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Juru Bicara Fraksi PAN DPRD Provinsi Kalbar, Ardiansyah mengungkapkan jika Fraksi yang dipimpinnya menyetujui RPJMD perubahan yang diusulkan Gubernur Kalbar.

Keputusan tersebut, dikatakan Ardiansyah pada rapat paripurna karena sejumlah target dari pihak eksekutif yang tidak tercapai.

"Dengan pertimbangan apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat terkait dengan target – target, yang tidak tercapai maka perlu dilakukan Perubahan  Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalbar Tahun 2018-2023 , maka Fraksi PAN menyetujui untuk melakukan perubahan Peraturan Daerah  yang dimaksud  dan seterusnya kami serahkan untuk pembahasan yang lebih mendalam," katanya, Selasa 17 November 2020.

Untuk diketahui, berdasarkan penjelasan Gubernur Kalimantan Barat dan ketentuan Pasal 342 ayat (1) dan ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah maka perlu diadakan perubahan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Daerah.

Baca juga: Fraksi Gerindra Harapkan RPJMD Perubahan Jadi Solusi bagi Masyarakat

RPJMD ini merupakan kebijakan arah lima tahun kedepan yang akan diimplementasikan Perencanaan berupa RESTRA  (Rencana Strategis), KUA (Kebijakan Umum Anggaran), dan Penyusunan APBD.

Berdasarkan yang sudah disampaikan Gubernur berdasarkan target yang tercantum dalam RPJMD Tahun 2018-2023  terdapat  tiga target utama yang tidak tercapai  yaitu Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2018 sebesar 5,35 Persen realisasinya sebesar 5,00 persen.

Tingkat Pengangguran Terbuka target tahun 2019 sebesar 3,9 Persen  namun realisasinya sebesar  4,45 Persen serta Kemiskinan Target Tahun 2019 sebesar 6,9 Persen realisasinya besar 7,28 persen.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved