Didatangi Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Ini Harapan Pemilik Gudang Pengolahan Daun Kratom

maka dari itu diharapkan daun kratom kedepannya tetap bisa menjadi matapencaharian masyaraka

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ Sahirul Hakim
Pemilik gudang pengolahan daun Kratom di Kecamatan Kalis, Hamid saat memberikan penjelasan ke Wakil Menteri LHK Alue Dohong, terkait pengolahan daun Kratom tersebut, di Gudang miliknya, Kecamatan Kalis, Selasa 17 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Pemilik Gudang Daun Kratom yang dikunjungi Wakil Menteri LHK Alue Dohong, di Kecamatan Kalis, Ilham mengakui bahwa, kalau dirinya sudah cukup lama mengolah daun Kratom di Kapuas Hulu.

"Saya hanya membeli daun Kratom yang basah dari petani daun Kratom. Baru diolah sendiri menjadi remahan, dan dijual ke langganan baik dalam negeri sendiri atau luar negeri," ujar Ilham, Selasa 17 November 2020.

Pria yang juga disapa Hamid itu menjelaskan, daun Kratom merupakan tanaman yang masih menjadi idola matapencaharian masyarakat Kapuas Hulu, setelah harga getah karet jauh dari harapan masyarakat sendiri. 

"Pastinya, tanaman daun Kratom sangat membantu perekonomian masyarakat kita di Kabupaten Kapuas Hulu, maka dari itu diharapkan daun kratom kedepannya tetap bisa menjadi matapencaharian masyarakat," ucap Ilham.

Terkait legalitas hukum daun Kratom, kata Hamid masih menjadi kajian atau penelitian dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: Tinjau Gudang Daun Kratom di Kapuas Hulu, Berikut Pernyataan Wakil Menteri LHK Alue Dohong

"Memang dalam tahun 2020 ini, Kementerian Pertanian sudah mengeluarkan surat keputusan kalau daun Kratom merupakan tanaman obat herbal," ujarnya.

Hamid menuturkan, sudah beberapa pihak kementerian dari Pusat datang mengunjungi gudang pengolahan daun Kratom miliknya tersebut.

"Kami terus menyampaikan harapan ke Pemerintah Pusat, supaya daun Kratom betul - betul menjadi tanaman legal atau bisa di kelola oleh masyarakat," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved