Breaking News:

Nama Kasat Reskrim Polresta Pontianak Dicatut Oknum Penipu, Minta Sejumlah Uang

Pencatutan tersebut terungkap setelah beberapa kerabat Kasat Reskrim yang akrab disapa Rully ini melaporkan kepadanya. Oknum penipu, kata dia, menelpo

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kasat Reskrim Polresta Pontianak, AKP Rully Robinson Polii. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Modus pencatutan nama kembali merebak di Kota Pontianak. Kali ini nama Kasat Reskrim Polresta Pontianak AKP Rully Robinson Polii menjadi korban yang namanya dicatut oleh oknum penipu melalui telepon seluler, baik langsung menelpon maupun melalui SMS.

Pencatutan tersebut terungkap setelah beberapa kerabat Kasat Reskrim yang akrab disapa Rully ini melaporkan kepadanya. Oknum penipu, kata dia, menelpon dan menelpon calon korbannya dengan mancatut nama dirinya.

"Dia menipu melalui telepon dan lewat SMS atas nama Kasat Reskrim meminta bantuan biaya tiket pesawat untuk keperluan dinas,” ujar Rully kepada tribunpontianak.co.id Sabtu, 7 November 2020.

Rully juga menunjukkan beberapa isi SMS yang diterima oleh calon korban penipu yang mencatut namanya itu. Kasat memastikan pria itu bukanlah anggota Polri. Menurut dia, pria itu hanya mencatut institusi Polri agar bisa menipu warga ataupun instansi.

Baca juga: Kapolres Cek Dalmas, Personel Hingga Sarpras Jelang Pelaksanaan Pilkada Sintang

“Isi SMS nya itu awalnya memperkenalkan diri dengan mencatut nama saya (Kasat Reskrim). Kemudian saat si penerima SMS ini membalas, maka si penipu ini membalas lagi dengan langsung menjalankan modusnya meminta bantuan tiket pesawat yang seolah-olah untuk keperluan dinas,” ungkapnya.

Sejumlahh isi pesan yang mengatasnamakan Kasat Reskrim Polresta Pontianak AKP Rully Robinson Polii.
Sejumlahh isi pesan yang mengatasnamakan Kasat Reskrim Polresta Pontianak AKP Rully Robinson Polii. (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Rully juga mengatakan, untuk saat ini belum ada yang menjadi korban dari aksi oknum si penipu yang mencatut namanya tersebut. Untuk itu, ia meminta dan mengimbau kepada siapa saja yang menerima telepon atau pesan yang mengataskan nama dirinya yang meminta bantuan berupa dana jangan dihiraukan.

“Dan saya pastikan itu bukan saya, apabila ragu silahkan kroscek terlebih dahulu daripda nanti menjadi korban dari si oknum penipu ini. Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak percaya dengan informasi yang hanya melalui lewat telepon, yang mengatas namakan nama saya," tegasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved