Kalbar Kini Miliki 13 Fasilitas Laboratorium Pemeriksaan Sampel Swab Covid-19

Alat untuk pemeriksaan sampel swab ini ada yang menggunakan metode pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) maupun Tes Cepat Molekuler (TCM).

Penulis: Anggita Putri | Editor: Zulkifli
TRIBUN/FILE
Ilustrasi virus corona covid-19 (By diy13/Shutterstock) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kalimantan Barat saat ini sudah menyediakan fasilitas laboratorium yang dapat mendeteksi virus Covid-19.

Saat ini sebanyak 13 laboratorium yang tersebar di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta di Kalbar. 

Dari 13 Laboratorium yang telah tersedia untuk pemeriksaan sampel swab perhari diperkirakan dapat memeriksa sekitar 1.368 sampel.

Namun ada tiga Laboratorium Swasta yang melakukan pemeriksaan sesuai permintaan. 

Alat untuk pemeriksaan sampel swab ini ada yang menggunakan metode pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) maupun Tes Cepat Molekuler (TCM).

Pemeriksaan pada TCM biasanya menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. 

Hasil tes TCM ini dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam, untuk menentukan pasien positif maupun negatif. 

Baca juga: Apakah Rapid dan Swab Test Hanya Dilakukan Bagi Yang Terpapar Covid-19, Berikut Penjelasannya

Sedangkan Jenis pemeriksaan PCR menggunakan sampel usapan lendir dari hidung atau tenggorokan. 

Pemeriksaan PCR jelas membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil karena hanya dapat dilakukan di laboratorium yang sudah ditunjuk pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatab Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan bahwa di Kalbar saat ini telah tersebar sebanyak 13 Lab yang dapat melakukan pemeriksaan COVID-19. 

“Kita saat ini sudah ada fasilitas sebanyak 13 Laboratorium untuk pemeriksaaan sampel swab dengan jenis metode PCR maupun TCM,” ujarnya, Kamis 5 Oktober 2020.

Adapun sebaran Laboratorium pemeriksaan Sampel Swab Covid-19  yang telah disiapkan oleh Pemerintah tersebar di  RSUD dr Soedarso (TCM) dapat memeriksa 40 sampel perhari.

Lalu di RSUD dr Agoesdjam Ketapang (TCM) 40 sampel, RSUD Ade M Djoen Sintang (TCM) 40 sampel ,RSUD dr. Abdul Azis Singkawang (TCM) 40 sampel, RSUD Landak (TCM) 40 sampel, RS Untan (PCR) 500 sampel, RS Sanggau (Mobile Pcr) 200 sampel,  RS Kartika Husada (PCR) 96 sampel, Mobile PCR Sintang 200 sampel. 

Sedangkan Laboratorium pemeriksaan sampel swab milik swasta tersebar di RS Mitra Medika (PCR) untuk pemeriksaan sesuai permintaan, Laboratorium Sakura di Jalan A Yani (PCR) sebanyak 100 sampel , Lab Prodia di Jalan A Yani (PCR) sesuai permintaan, Lab Kimia Farma Danau Sentarum (PCR) sesuai permintaan. 

“Kalau untuk di Lab Prodia dan Kimia Farma ini Lab Kurir, artinya pemeriksaan mereka lakukan di Jakarta.

Di Pontianak mereka hanya melaksanakan swab saja, lalu dikirim ke Jakarta,” pungkasnya. 

--

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved