Cuaca Ekstrem, Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Imbau Masyarakat Waspada

Hal tersebut dikatakannya bisa terjadi selama beberapa waktu kedepan, yanga mana diperkirakan akan terjai dari 3 hingga 8 November 2020.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Zulkifli
Shutterstock
Ilustrasi cuaca ekstrem. 

Laporan wartawan Tribun Pontianak Muhammad Rokib

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Stasiun Meteorologi Supadio, Nanang Buchori mengatakan pihaknya telah merilis update cuaca di Kalimantan Barat dan Pontianak khususnya.

Sejauh pantauan satelit dan radar cuaca, disampaikannya bahwa indikasi satu hari terakhir hujan dengan intensitas sedang hingga lebat telah turun hampir merata di wilayah Kalimantan Barat.

"Kondisi dinamika atmosfer ke depan diindikasikan berpotensi adanya peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat," ujarnya.

Hal tersebut dikatakannya bisa terjadi selama beberapa waktu kedepan, yang mana diperkirakan akan terjai dari 3 hingga 8 November 2020.

Dengan adanya cuaca ekstrem tersebut.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada.

Baca juga: BMKG Prediksi Potensi Hujan Landa Wilayah Sekadau dalam Tiga Hari Kedepan

Karena beberapa dampak dari cuaca ekstrem tersebut dikatakannya akan menimbulkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang tentu, lanjutnya akan menyebabkan pepohonan tumbang, jalan licin dan lainnya.

"Waspadai potensi angin kencang terutama pada siang hingga sore hari di pesisir barat Kalbar," ungkapnya.

Diprakirakan periode hujan yang cukup panjang tersebut mengindikasikan adanya potensi terjadinya genangan, banjir dan tanah longsor khususnya pada wilayah yang sering terdampak bencana tersebut. 

"Pada periode hujan tersebut diprakirakan potensi Karhutla mulai dominan kategori aman," ungkapnya.

"Bahkan untuk update sekarang, diprakirakan untuk Kota Pontianak potensi hujan lebat bisa sampai 9 November 2020," tambahnya.

Kemudian setelah itu diprakirakan ada kecenderungan curah hujan berkurang, cuaca akan kembali panas, setidaknya hingga tanggal 13 November 2020. 

--

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved