Breaking News:

Leysandri Beberkan Target Pemprov Kalbar Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca Sebesar 5,38 Persen Pada 2020

Pemerintah pusat juga sudah menunjukan komitmennya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 25 persen ditahun 2020 dan 29 persen di tahun 2030.

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Zulkifli
TRIBUN PONTIANAK/Anggita Putri
Sekda Kalbar, Leysandri. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG -- Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L Leysandri mengatakan, komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk berupaya mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan mengurangi emisi gas rumah kaca di Kalimantan Barat.

"Pengurangan emisi tersebut diwujudkan dalam aturan, rencana aksi, dan program yang mampu menurunkan emisi," kata Leysandri mewakili Gubernur Kalbar membuka Kegiatan Festival Kabupaten Lestari (FKL) di Kabupaten Sintang, secara Virtual di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar.

Pemerintah pusat juga sudah menunjukan komitmennya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 25 persen ditahun 2020 dan 29 persen di tahun 2030.

Komitmen tersebut kata Leysandri harus diikuti pemerintah dibawahnya termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga: Ketua Umum LTKL Acungi Jempol Sintang Usung Konsep Acara Inovatif dan Inklusif Pada Ajang FKL

Oleh sebab itu, Pemerintah provinsi Kalimantan Barat menargetkan mampu menurunkan gas emisi rumah kaca sebesar 5,38 persen tahun 2020.

Selain itu, Pemprov Kalbar juga sudah mencanangkan pembangunan hijau yang berbasis komunitas sebagai mewujudkan keseimbangan antara pembangunan ekonomi, sosial dan budaya.

“Pembangunan berkelanjutan wajib memperhatikan persoalan lingkungan.

Pemprov Kalbar sudah mengeluarkan 192 izin hak pengelola perhutanan sosial dalam bentuk hutan desa, hutan tanaman rakyat, dan hutan adat yang ada di 204 desa di Kalimantan Barat.

Membangun ekonomi hijau memerlukan keterlibatan semua pihak, bagaimana mensejahterakan rakyat tetapi lingkungan tetap dijaga," bebernya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved