Breaking News:

Kuliah BSI Aja

Prodi Sistem Informasi UBSI Pontianak Beberkan Kiat Sukses Jadi UI/UX Designer Pada Mahasiswa

Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema K

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
WEBINAR - Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer, Rabu 28 Oktober 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak sukses menggelar Webinar Digital Mindset dengan tema Kiat Sukses Menjadi UI/UX Designer, Rabu 28 Oktober 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan dua sesi ini diikuti sebanyak 505 peserta yang merupakan mahasiswa semester 1, 3, dan 5 Prodi Sistem Informasi Kampus Pontianak.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Eva Meilinda di sesi 1 dan Wanty Eka Jayanti pada sesi 2.

Kali ini UBSI mendatangkan Andana Pratama sebagai narasumber pada Webinar Digital Mindset. Ia adalah Co-Founder CV. Pivout Inovasi Indonesia (Pivout.com).
Dana, sapaan akrabnya, menyampaikan materi tentang bagaimana cara menjadi User Interface maupun User Experience Desainer. Ia mengaku sudah kurang lebih 12 tahun menekuni bidang ini, sejak tahun 2008.

“Potensi media digital saat ini sangat luas. Di Indonesia sendiri masih banyak dibutuhkan tenaga kerja di bidang digital, untuk itu kita sangat perlu mengembangkan potensi diri mengingat peluangnya sangat besar di dunia digital ini,” ujar Dana, Kamis 29 Oktober 2020.

Ia menjelaskan step by step untuk menjadi seorang UI/UX desainer yang baik, yaitu mulai dari emphatize (melakukan riset), define untuk menentukan masalah utama.

Kemudian ideate yaitu mengemukakan atau merumuskan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, prototype (membuat desain), dan tahapan terakhir testing, yaitu pengujian produk apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh stakeholder dan user/audience yang menggunakan produk tersebut.

“Harus seimbang antara user goals dan business goal agar keduanya mendapatkan benefit yang saling menguntungkan antara kedua pihak terhadap produk yang dihasilkan,” jelasnya.

Para peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Terbukti banyaknya pertanyaan yang dilontarkan melalui kolom chat maupun bicara langsung.

“Kendala pasti ada, tapi apapun itu rintangan dan hambatannya mulai saja dulu, tidak usah khawatir dengan hasil desain yang kita buat, makanya terus belajar, ikuti pelatihan-pelatihan terkait UI/UX,” kata Dana memotivasi para peserta.

Menurut Kaprodi Sistem Informasi UBSI Pontianak, Muhammad Sony Maulana, ST, M.Kom, kegiatan Webinar Digital Mindset ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengembangkan pola pikir secara digital bagi mahasiswa Sistem Informasi.

Apalagi saat ini trend pengembangan UI/UX design dalam rangka menyajikan aplikasi yang bagus, simple dan mudah digunakan sangat diminati.

“Sebagai lulusan yang nantinya menjadi programmer dan junior analyst perlu memahami konsep UI/UX Designer yang baik sehingga program yang dihasilkan akan lebih berdaya nilai jual tinggi karena design UI/UX yang bagus,” ujar Sony. (*)

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved