Bawaslu Temukan ASN di Kalbar Tak Netral, Satu Dapat Sanksi Disiplin KASN

Kita sekarang yang awasi juga akun non resmi, trendnya banyak ASN melakukan kampanye berpihakan,

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ridho Panji Pradana
Bawaslu Kalbar, Faisal Riza 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kordiv Pengawasan Bawaslu Kalbar, Faisal Riza mengungkapkan jika sejumlah ASN di Kalbar didapati melanggar netralitas pada pelaksanaan pilkada 2020.

Berdasarkan rekapitulasi data penanganan pelanggaran data per-14 oktober 2020, ada dua dugaan pelanggaran netralitas ASN di Ketapang, namun dihentikan karena bukan pelanggaran.

Kemudian ada tiga temuan dugaan pelanggaran netralitas ASN di Sambas yang tiga diantaranya ditindaklanjuti ke Komisi ASN, dua dihentikan dan salah satunya mendapatkan sanksi disiplin.

Baca juga: Bawaslu Kalbar Wanti-wanti Petahana yang Menyalahgunakan Wewenang

Dugaan pelanggaran netralitas ASN juga ditemukan di Bengkayang satu kasus telah diteruskan ke Komisi ASN, Sekadau dua kasus yang satu diantaranya diteruskan ke komisi ASN dan Mendagri.

Selain itu, ada pula dugaan pelanggaran netralitas ASN di Sintang sebanyak empat kasus yang tiga diantaranya diteruskan ke Komisi ASN dan satu diantaranya ke BKPSDM.

"Sementara ada 14 baik temuan maupun laporan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN, ini rata-rata waktu tahapan pencalonan, untuk hasil pengawasan ditahapan kampanye dimedsos, pekan depan kita update lagi," kata Faisal Riza, Kamis 22 Oktober 2020.

"Kita sekarang yang awasi juga akun non resmi, trendnya banyak ASN melakukan kampanye berpihakan, ini sedang diproses, maka pengawasan via medsos kita gencarkan. Ada ASN yang mengupload sendiri, kemudian mengupload dengan orang lain," tambahnya.

Mantan Ketua KPID Kalbar ini mengatakan, untuk medsos tentu Bawaslu melakukan verifikasi terhadap akun yang diduga ASN.

Apakah akun itu ASN atau bukan, kalau ASN akan langsung direkomendasikan pelanggaran netralitas kepada Komisi ASN (KASN).

"Pelanggaran didalam ASN bisa saja aspek netralitasnya, sama aspek penggunaan fasilitasnya," kata Faisal Riza.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved