Breaking News:

Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Ini Kata 2 Dokter Muda Pontianak Terkait 'Ingat Pesan Ibu 3M'

Dengan mencunci tangan bukan hanya membersihkan virus tapi juga menghilangkan kuman juga

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ Muhammad Rokib
Dua dokter muda Kota Pontianak, dr Chelwy Joycestio Vrixander dan Eric Herrianto Dwiputra Sked bebincang dengan tema "Yuk Ingat Pesan Ibu 3M" di acara Tribun Pontianak Official (Triponcast), Kamis 15 Oktober 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ditengah pandemi covid-19 ini, masyarakat dituntut agar mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan ketat dan benar.

Demi memaksimalkan penerapan protokol kesehatan covid-19, dua dokter muda di Kota Pontianak dr Chelwy Joycestio Vrixander dan Eric Herrianto Dwiputra Sked pun juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penerapan protokol kesehatan yang baik.

Menurut keduanya, penerapan protokol kesehatan covid-19 3M merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

Hal tersebut disampaikan saat Bebincang dengan tema "Yuk Ingat Pesan Ibu 3M" di acara Tribun Pontianak Official (Triponcast), Kamis 15 Oktober 2020.

Baca juga: Sutarmidji Minta Masyarakat Saling Peduli Cegah Penyebaran Covid-19 Terapkan Protokol Kesehatan

Menurut dokter muda Pontianak ini bahwa penerapan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun (3M) tentu ada cara yang benar.

Dokter Eric menyampaikan kepada masyarakat jika membeli ataupun memakai masker agar tak sekedar memakai masker saja, namun harus sesuai dengan prosedur kesehatan yakni masker N9 atau masker kain tiga lapis.

Ia menyarankan agar masyarakat tak terbiasa memakai masker skuba, lantaran jika masih memakai masker skuba virus masih saja dengan mudah menular.

"Tidak hanya sekedar memakai masker saja, harus membeli dan memakai masker yang bisa menutup hidung dan menutup mulut. Maka pakailah masker kain yang tiga lapis atau N9 yang sudah maksimal ada yang lapisan yang tertangkap didalam maka kita lakukan lapisan tiga lapis," ujarnya.

Terlabih dari itu, dijelaskannya juga pentingnya mencuci tangan dengan sabun ada langkah-langkahnya.

"Dengan mencunci tangan bukan hanya membersihkan virus tapi juga menghilangkan kuman juga," ungkapnya.

Disarankannya jika mencuci agar tak terlalu lambat dan juga tak terlalu cepat. Artinya mencuci tangan dengan standar saja.

Adapun langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun disampaikannya diantaranya ialah pertama wastapel membasuh dengan air bersih, kedua dikasi sabun dan digosok di sela-sela hingga merata dengan gerakan standar enggak terlalu cepat dan tak terlalu lambat, ketiga menggosok mulai dari bagian sela-sela luar, keempat sela-sela tangan bagian dalam, kelima jempol, setelah itu dibilas dengan air bersih.

"Sabun bisa membunuh virus corona, bahkan juga bisa dengan hand sanitizer yang lebih simpel," tambah dokter Chelwy Joycestio Vrixander.

Ditambahkan domter Eric bahwa pentingnya penerapan
menjaga jarak. 

"Aggap aja ada peluru yang akan menembak ke wajah kita. Bisa menghindari dari bahayanya virus covid-19. Jaga jarak satu meter yang dianjurkan," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved