Breaking News:

Kasus Dugaan Korupsi APBDes Semerangkai Masuki Tahap Dua, Ini Penegasan LSM Citra Hanura Sanggau

Karena, lanjutnya, Semua program sudah tentu mengikuti SOP yang berlaku. dan peran masyarakat juga harus tetap peka dalam memantau kegiatan yang ada d

TRIBUN PONTIANAK/Hendri Chornelius
Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau Abdul Rahim SH. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau, Abdul Rahim SH menyampaikan bahwa dengan ditetapkanya tiga orang tersangka dugaan korupsi APBDes Semerangkai, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, dengan membuat LPJ yang tidak sesuai dengan pengunaan ini menunjukkan lemahnya kemampuan perangkat desa tersebut dalam menelaah kemampuan kinerja dalam mengelola keuangan negara.

"Untuk kepentingan masyarakat desa. Hal ini jangan sampai terulang kembali, fungsi pengawasan dan monitoring serta mengevaluasi kinerja selalu dikedepankan. Maka peranan BPD selaku orang yang dipercaya masyarakat dalam pengawasan internal harus benar-benar mempunyai kemampuan bidang pengawasan,"katanya, Jumat 16 Oktober 2020.

Baca juga: Terkait UU Omnibus Law Cipta Kerja, Ini Penjelasan Bupati Paolus Hadi

Karena, lanjutnya, Semua program sudah tentu mengikuti SOP yang berlaku. dan peran masyarakat juga harus tetap peka dalam memantau kegiatan yang ada dipapan pengumuman desa.

"Jangan sampai papan pengumuman hanya jadi pajangan. Kita minta pihak terkait benar-benar melakukan penyelidikan terkait dugaan korupsi, dan menghukum semua yang terlibat agar bisa membuat efek jera yang lain untuk tidak main-main dalam pengelolaan APBDes,"tegasnya.

Karena, lanjutnya, dana tersebut milik publik yang harus dipertanggungjawabkan atas semua pengunaannya. Kami mendukung sepenuhnya upaya penegakan hukum kasus tersebut dan mencegahnya secara dini.

"Dan memberikan sosialisasi tentang penggunaan APBDes oleh dinas terkait. Semoga hal serupa tidak terjadi ditempat lain, Jadikan kasus tersebut sebagai pelajaran bagi kita semua dalam pengelolaan dana publik,"pungkasnya. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved