Breaking News:

Hasil Pleno KPU, Kota Pontianak Alami Peningkatan 371 Pemilih

Dipaparkannya, pemilih yang TMS pada periode bulan September ini sebanyak 53 orang, terdiri dari 26 laki-laki dan 27 orang perempuan.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana saat KPU Kota Pontianak melaksanakan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode Bulan September 2020 secara daring, Kamis 8 Oktober 2020 mulai pukul 13.30 WIB. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - KPU Kota Pontianak melaksanakan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode Bulan September 2020 secara daring, Kamis 8 Oktober 2020 mulai pukul 13.30 WIB.

Hadir dalam rapat Pleno ini Ketua KPU Kota Pontianak beserta seluruh Anggota, Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Pontianak, Kepala Kesbangpol Kota Pontianak, Perwakilan Partai Politik, Perwakilan Disdukcapil Kota Pontianak, dan Perwakilan Depag Kota Pontianak.

Komisioner KPU Pontianak, David Teguh menjelaskan jika dalam rapat Pleno ini memutuskan adanya penambahan Potensi pemilih baru yang tersebar di 6 Kecamatan sebanyak 85 orang yang terdiri dari 51 orang laki-laki dan 34 orang perempuan.

"Penambahan data Potensi Pemilih Baru ini terdiri dari kelompok masyarakat yang pindah datang ke Kota Pontianak, pemilih yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah dan pemilih pemula (Yang baru berusia 17 tahun)," kata David.

Wako Pontianak Sebut Sebagian Besar Pejabat dan Staf yang Terpapar Covid-19 Telah Sembuh

Selain itu, KPU juga menghapus /Men-TMS-kan (TMS-Tidak Memenuhi Syarat) pemilih yang Meninggal Dunia dan Pindah Keluar.

Dipaparkannya, pemilih yang TMS pada periode bulan September ini sebanyak 53 orang, terdiri dari 26 laki-laki dan 27 orang perempuan.

Secara Total Daftar Pemilih Berkelanjutan sampai dengan Bulan September 2020 menjadi sejumlah 459.260, terdiri dari 226.941 laki-laki dan 232.319 perempuan.

"Jumlah ini Secara total mengalami kenaikan sebanyak 371 pemilih dibanding DPT terakhir pada Pemilu 2019 yang sebesar 458.889 pemilih," katanya

Untuk diketahui, Kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih secara berkelanjutan ini adalah amanat UU 7/2017 tentang Pemilu pasal 20 huruf (l) dan Surat KPU RI No 181 tanggal 28 Februari 2020 dan 550 tanggal 10 Juli 2020.

Dalam kegiatan ini, KPU Kabupaten Kota memperbaharui data pemilih secara berkelanjutan dengan menerima laporan masyarakat dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Data-data ini kemudian akan diverifikasi secara administrasi ke Disdukcapil. Pleno penetapan DPB dilakukan setiap bulan.

Oleh karena itu, David mengimbau kepada masyarakat jika ada anggota keluarganya meninggal; Pindah domisili; Sudah berusia 17 tahun atau lebih namun belum terdaftar dalam DPT; belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah; Perubahan Status menjadi anggota TNI/Polri atau pensiun dari TNI Polri; Terdaftar lebih dari 1 kali di DPT (Ganda) dan Kesalahan data/informasi dalam DPT, dipersilahkan melaporkan ke KPU Kota Pontianak atau dengan mengisi Form pada Link https://kpu-pontianakkota.go.id/page/pemutakhiran-daftar-pemilih. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved