Breaking News:

Profil Komunitas UMKM UZone Singkawang, Wadah Bagi Pengusaha Muda

Saat ini UZone dibina oleh ketua TP PKK Kota Singkawang, 10 pemuda, dan 15 pelaku UMKM yang ada di Kota Singkawang.

Tribun Pontianak / Istimewa
Komunitas UMKM (UZone) merupakan komunitas anak muda yang ingin memberi wadah bagi pelaku UMKM di masa new normal. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komunitas UMKM (UZone) merupakan komunitas anak muda yang ingin memberi wadah bagi pelaku UMKM di masa new normal.

Berawal dari diskusi ringan antara Agustiawan dan Ketua PKK Kota Singkawang Juli Wahyuni, keinginan Agus direspon baik oleh wakil walikota Singkawang.

Agustiawan merupakan pemuda pelopor bidang pendidikan Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Sehari-hari Agustiawan aktif sebagai pengelola Bimbel Agus Pantun, Kader PKK Kota Singkawang, dan aktif di Komunitas Lapak Biak Singkawang.

Untuk menggerakkan perekonomian, Agus mengajak pelaku usaha dan 10 pemuda-pemudi Singkawang untuk bersinergi memulihkan perekonomian pelaku UMKM.

Komunitas ini berdiri 1 Agustus 2020. Latar belakang berdirinya komunitas ini kata Agus bermula dari keprihatinan banyaknya UMKM yang tidak bisa menjalankan usahanya dikarenakan pandemi covid-19.

DAFTAR Banpres UMKM Rp 2,4 Juta, Cek Cara Daftar BLT UMKM Online Link siapbersamakumkm atau Manual

Oleh karena itu sebagai pemuda yang mengetahui, punya kemauan, dan mempunyai kapasitas, Agus mencoba mengambil peran agar pelaku UMKM bisa berkembang dan tetap produktif.

Saat ini UZone dibina oleh ketua TP PKK Kota Singkawang, 10 pemuda, dan 15 pelaku UMKM yang ada di Kota Singkawang.

Kegiatan komunitas ini kata Agus digelar setiap hari Minggu di Mess Daerah berkolaborasi dengan senam, PKK Kota Singkawang, baik pokja 1 yang mendongeng, dan Pokja 2 yang berjualan produk PKK.

Dalam komunitas ini berkumpul juga pemuda kreatif seperti Yoyok Komik, Pendongeng, PIK Remaja.

Berbagai produk, jajanan, dan jasa ditawarkan di Uzone ini.

Pemuda-pemuda Singkawang menyediakan lapak untuk para UMKM dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Komunitas ini diketuai Agustiawan , dibina oleh ketua TP PKK Kota Singkawang dan beranggotakan 10 pemuda serta pelaku UMKM di Singkawang

Agus berharap kedepannya UZone akan selalu ada untuk membantu para pelaku UMKM dan bisa menjadi distributor produk-produk mereka dan mempromosikan melalui sosial media.

Harapannya UZone bisa memudahkan masyarakat khususnya para wisatawan yang berkunjung ke Singkawang, misalnya mereka ingin mencari oleh-oleh bisa menghubungi Uzone untuk memudahkan.

Penulis: Maskartini
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved