Breaking News:

Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19 di Lingkungan Kerja, Ini Langkah-langkah Kapolres Sambas

Maka mereka diwajibkan untuk melaksanakan Rapid Test kepada satgas Covid-19 Kabupaten Sambas.

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ WAWAN GUNAWAN
Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS- Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Polres  Sambas mereka sudah melakukan berbagai cara.

Kata dia, kurang lebih tiga bulan yang lalu mereka juga ada anggotanya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Itu diketahui dari hasil Rapid Test yang reaktif lalu kemudian dijalani swab.

"Kami sendiri sudah ada pengalaman, bahwa dulu ada anggota kami yang positif. Dan kami juga sudah melaksanakan Rapid Test masal kepada seluruh anggota Polres Sambas," ujar Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo, Selasa 6 Oktober 2020 saat ditemui di ruang kerjanya, di Mapolres Sambas.

10 Kasus Klaster Polisi di Melawi, Sintang Bakal Terapkan Pembatasan Aktivitas

Dari pengalaman itu kata Kapolres, mereka belajar dan membiasakan diri untuk melaksanakan kebiasaan-kebiasaan baru di Mapolres Sambas.

"Kebiasaan baru kita lakukan, memperbanyak tempat cuci tangan di setiap sudut, menggunakan masker saat di kantor, dan melaksanakan pengecekan suhu kepada anggota dan tamu yang hendak masuk ke kantor," ungkap Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo.

Hal ini kata dia, sejak awal Pandemi Covid-19 melanda, masih rutin dilakukan kepada anggota dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan di Mapolres Sambas.

Selain itu kata dia, bagi anggota yang akan melaksanakan dinas di luar kota.

Maka mereka diwajibkan untuk melaksanakan Rapid Test kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Sambas.

"Kedua, untuk yang bertugas keluar kota diharuskan untuk melakukan Rapid Test baik itu sebelum berangkat dan juga setelah mereka datang dari luar kota di gugus tugas Covid-19," beber AKBP Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo.

"Hal ini penting untuk menjaga kita tetap di zona hijau, dan juga khususnya kepada Mapolres Sambas. Selain itu kami juga rutin melakukan olahraga setiap Jumat, dan setelahnya mengkonsumsi kacang hijau dan telur rebus untuk meningkatkan imun setelah berolahraga," tuturnya.

Selain olahraga rutin setiap Jumat, kata dia pihaknya juga menyampaikan agar anggota melaksankan olahraga mandiri, diluar jam kantor.

Dia menambahkan, kepada anggota juga harus jujur jika ada keluhan seperti sakit dan lainnya. Hal ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk terpapar Covid-19.

Salah satu contohnya kata Kapolres, adalah Kapolsek Teluk Keramat Ipda Eko Zaenudin, yang melaksanakan Rapid Test mandiri jika selsai melaksanakan tugas di luar kota.

Dan itu menjadi contoh bagi anggota di lingkungan Mapolres Sambas.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved