Breaking News:

VIDEO: Harisson Tinjau Kesiapan Lapkesda Provinsi untuk Persiapan Gedung Permanen

Begitu alat PCR datang, Labkesda juga akan dapat melakukan pemeriksaan PCR

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson  meninjau persiapan Laboratorium kesehatan Daerah Provinsi Kalbar yang ada di Jalan DR. Soedarso , Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat , Senin 5 Oktober 2020.

Harisson menjelaskan bahwa untuk mempercepat pemeriksaan sampel swab yang dikirim oleh kabupaten kota maupun yang memang kebutuhan pemeriksaan rumah sakit, Dinkes Provinsi sedang menyiapkan Labkesda  Provinsi.

“Seperti yang kita ketahui sebenarnya Labkesda Provinsi ini sudah menyiapkan alat-alat dan tinggal menunggu alat PCR saja yang belum datang,” ujar Harisson.

 • Terkait Pemeriksaan Sampel Swab Daerah yang Diperiksa di Provinsi, Ini Penjelasan Kadiskes Harisson

Ia mengatakan  alat PCR akan datang rencananya pada minggu depan sebanyak 2 alat PCR. Sehingga nanti akan ada tambahan 500 sampai 700 sampel perhari seperti pemeriksaan yang dilakukan oleh Laboratorium Universitas Tanjungpura. 

“Hari ini saya meninjau untuk melihat kesiapannya, termasuk ada beberapa kekurangan yang dalam beberapa hari ini akan kita penuhi,” ujar Harisson.

Harisson menjelaskan untuk persiapan gedung yang nantinya akan digunakan Labkesda sebanyak dua gedung.

Jadi akan ada satu gedung yang nantinya benar-benar permanen, dan benar-benar memenuhi standar.

“Gedung itu akan dibangun dan pada minggu depan sudah akan mulai pembangunannya, nah untuk yang sifatnya sementara kita menggunakan gedung yang ada di Labkesda dulu,” ujarnya.

Harisson mengatakan bahwa untuk sementara akan menggunakan ruangan di Labkesda yakni ada satu gedung yang bisa dimanfaatkan sementara untuk pemeriksaan sampel Swab. 

“Gedung sementara ini lah yang  bisa kita aktifkan minggu depan, kalau gedung yang benar-benar memenuhi standar itu nanti mungkin akan selesai dalam waktu 60 hari kerja, ”jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Labkesda sudah siap digunakan hanya tinggal menyiapkan ruangan permanen dan menunggu kedatangan 2 alat RT PCR yang sudah dipesan . 

“Begitu alat PCR datang, Labkesda juga akan dapat melakukan pemeriksaan PCR, “pungkas Harisson.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved